Raih penghargaan perusahaan peduli perempuan, RAPP diharap bisa tularkan ke perusahaan lainnya

id PT RAPP, GP2SP,Dinkes Riau,berita RAPP

Raih penghargaan perusahaan peduli perempuan, RAPP diharap bisa tularkan ke perusahaan lainnya

Pekerja perempuan di PT RAPP. (ANTARA/HO-RAPP)

Pekanbaru (ANTARA) - PT RAPP (Riau Andalan Pulp and Paper) baru-baru ini meraih penghargaan Gerakan Pekerja Perempuan Sehat Produktif (GP2SP) dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI. Dengan prestasi itu diharapkan perusahaan bubur kertas dan kertas terkemuka itu bisa menularkan pengalamannya kepada perusahaan lain di wilayah Provinsi Riau.

"PT RAPP bisa ajak perusahaan gede lainnya di Riau," kata Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat pada Dinas Kesehatan Provinsi Riau Dedi Parlaungan kepada ANTARA di Pekanbaru, Rabu.

Menurutnya, jika perusahaan lainnya bisa mendapatkan penghargaan serupa maka hal itu adalah kesempatan baik bagi perusahaan untuk tampil di tingkat nasional.

Lebih jauh, dia mengatakan, PT RAPP menjadi pionir di Riau terkait penerimaan penghargaan yang baru pertama kali diselenggarakan tersebut. "Ini juga bisa menjadi momentum dan membuka perusahaan lainnya di kabupaten/kota yang ada di Provinsi Riau untuk bisa melayani pekerja perempuan dengan baik," kata Dedi.

Meski demikian, lanjut Dedi, pihak perusahaan seyogyanya juga harus tetap memperhatikan pekerja perempuan karena wanita adalah kaum yang unik terkait kodratnya harus melahirkan, menyusui atau mengalami menstruasi setiap bulannya.

"Jadi meski tidak ada lomba, perusahaan tetap harus memperhatikan pekerja perempuannya," kata Dedi.

PT RAPP menerima penghargaan Gerakan Pekerja Perempuan Sehat Produktif (GP2SP) karena telah lolos kriteria tertentu di antaranya memiliki karyawan wanita lebih dari 500 orang, memperhatikan pekerja wanita yang hamil atau dalam masa menyusui dengan menyediakan ruangan khusus.

"Kita sangat apresiasi, dan mudah-mudahan ini bisa ditiru oleh perusahaan lainnya di Riau," katanya.

Sebelumnya, Elwan Jumandriyang mnewakili PT RAPP dari bagian Human Resources mengatakan pihaknya sangat komit mendukung program pemerintah di bidang Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) dan mendukung GP2SP.

Beberapa program yang telah dilaksanakan seperti mendatangkan dokter spesialis kandungan di klinik komplek perusahaan tiga kali seminggu.

"Saat ini ada 40 klinik perusahaan yang tersebar di seluruh daerah operasional. Perusahaan juga menyediakan vitamin penambah darah untuk perempuan bekerja, dan lainnya," kata Elwan.