Tunggakan BPJS kesehatan senilai Rp400 miliar disorot DPRD Riau

id DPRD Riau,bpjs kesehatan

Tunggakan BPJS kesehatan senilai Rp400 miliar disorot DPRD Riau

Indra Gunawan Eet (ANTARA/Diana)

Pekanbaru (ANTARA) - Ketua DPRD Riau Indra Gunawan Eet akan memanggil Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan untuk meminta penjelasan terkait tunggakan yang membengkak mencapai Rp400 miliar kepada pihak rumah sakit.

"Sebagai fungsi pengawasan, kami minta komisi terkait memanggil direktur serta jajaran BPJS," ucap Indra Gunawan Eet di Pekanbaru, Jumat.

Politisi Partai Golkar ini mengkhawatirkan kondisi seperti ini dapat mengganggu sistem pelayanan kesehatan di rumah sakit.

"Yang pastinya jangan sampai pelayanan kesehatan terganggu. Apalagi jika rumah sakit sampai tak mampu terima pasien BPJS. Kan gawat. Makanya kita harus tau itu persoalannya ada di mana. Kemudian juga harus ada solusi yang benar-benar menyelesaikan," ucap wakil rakyat yang hobi berkesenian itu.

Ditambah lagi, kata dia, masyarakat pastinya mempertanyakan ke mana uang iuran yang telah dibayarkan. Jika memang betul defisit, pihaknya juga ingin mengetahui secara detail mengapa bisa sampai terjadi.

Untuk diketahui, sejak bulan Juli hingga Oktober 2019, BPJS Kesehatan memiliki tunggakan kepada puluhan rumah sakit (RS) di Riau sebesar Rp400 miliar. Hal ini berdasarkan informasi dariBPJS Kesehatan Kanwil Riau, Kepulauan Riau, Sumatera Barat, dan Jambi.

Baca juga: Tarif baru iuran BPJS Kesehatan yang diatur dalam Perpres 75/2019

Baca juga: Dirut BPJS Kesehatan beberkan fakta penyesuaian iuran JKN-KIS


Pewarta :
Editor: Riski Maruto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar