Seratusan pelajar Dumai ikuti seminar Bela Negara Denarhanud Rudal

id denrudal dumai,bela negara dumai

Seratusan pelajar Dumai ikuti seminar Bela Negara Denarhanud Rudal

Ratusan pelajar Dumai diperkenalkan Alutsista Rudal Starstreak milik Denrudal Dumai, Jumat (1/11). (ANTARA/Abdul Razak)

Dumai (ANTARA) - Detasemen Arhanud Peluru Kendali 004 Dumai Kodam I Bukit Barisan mengadakan kegiatan seminar bela negara kepada peserta seratusan pelajar, mulai dari tingkat taman kanak kanak, sekolah dasar, menengah pertama dan atas.

Komandan Denarhanud Rudal 004 Dumai Mayor Arh Roma Laksana Yudha menjelaskan, kegiatan bela negara ini untuk memotivasi pelajar kecintaan terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia dan mengenali Detasemen Arhanud Rudal.

"Pengetahuan bela negara untuk memperkuat rasa kecintaan pelajar sejak dini terhadap bangsa dan negara dan menumbuhkan rasa memiliki dan menyayangi negeri ini serta menanamkan jiwa bela negara," kata Mayor Roma, Jumat.

Dikatakan, dalam seminar bela negara ini, selain diisi materi tentang kecintaan terhadap NKRI disampaikan narasumber oleh Letda Arh Pande Wayan Kusuma Wijaya, juga diberikan materi soal sejarah dan wisata Arhanud Rudal 004 Dumai.

Dalam wisata dan sejarah Arhanud, peserta diajak berkeliling Komplek Ksatrian Denarhanud Rudal Dumai di Kelurahan Bagan Besar, agar bisa mengenal lebih dekat tentang Monumen Rudal Rapier dan alat utama sistem pertahanan Rudal Starstreak.

"Kegiatan ini merupakan rangkaian peringatan HUT Arhanud TNI AD ke 73 dan HUT ke 29 Denarhanud Rudal 004 Kodam I Bukit Barisan yang jatuh pada 24 November 2019 nanti," sebutnya.

Selain materi bela negara, Denarhanud Rudal juga bekerjasama dengan Badan Narkotika Nasional Kota Dumai memberikan sosialisasi dan penyuluhan tentang bahaya narkoba, rokok, minuman keras, seks bebas dan penggunaan media sosial yang cerdas.

Narasumber sosialisasi disampaikan oleh perwakilan BNN Kota Dumai Mayoza, dan peserta sangat mengikuti kegiatan dengan antusias karena dirasa akan berguna untuk masa depan.

Baca juga: Kesbangpol Inhil ajak elemen masyarakat tumbuhkan kesadaran cinta Tanah Air

Baca juga: Pelatihan Bela Negara TNI AU membekas di hati peserta SMN

Baca juga: TNI AU latih peserta SMN program bela negara