Pelatihan Bela Negara TNI AU membekas di hati peserta SMN

id SMN 2019, SMN Riau

Pelatihan Bela Negara TNI AU membekas di hati peserta SMN

Peserta SMN asal DIY di Pekanbaru. (Foto Antarariau/Vijay/19)

Pekanbaru (ANTARA) - Pelatihan Bela Negara oleh TNI AU kepada peserta Siswa Mengenal Nusantara (SMN) 2019 selama dua hari di Pekanbaru, 14-15 Agustus, ternyata sangat membekas di hati para pelajar asal Daerah Istimewa Yogyakarta tersebut.

Ricky, salah seorang peserta mengaku mendapatkan wawasan dan pengetahuan baru selama mengikuti latihan Bela Negara di Pangkalan TNI AU Roesmin Nurjadin Pekanbaru.

Dalam acara tersebut 23 peserta dan tujuh guru pendamping juga diperlihatkan sejumlah pesawat tempur milik TNI AU dan beberapa persenjataan lainnya.

"Ini sangat memvotivasi diri dan bisa mengetahui kekuatan TNI AU kita," ujar pelajar kelas XI ini.

Dia juga baru sadar, ternyata kekuatan udara tidak hanya dibutuhkan saat perang saja, melainkan di saat-saat seperti sekarang untuk mengantisipasi hal-hal yang tak diinginkan.

Ricky mengatakan, hal serupa juga dirasakan peserta SMN lainnya, yakni memperoleh pengalaman baru. Terlebih lagi puluhan menginap semalam di Wisma Lanud dan menggelar berbagai acara, termasuk bakar api unggun.

Acara dibuka dan ditutup oleh Komandan Pangkalan TNI AU Roesmin Nurjadin Marsekal Pertama TNI Ronny Irianto Moningka yang juga memberikan semangat nasionalisme kepada peserta SMN 2019.

Usai mengikuti gelar latihan Bela Negara, para peserta memperoleh piagam dari TNI AU.

Keguatan SMN, salahsatunya, ditujukan untuk menanamkan rasa bangga dan cinta Tanah Air sejak dini kepada siswa SMA/SMK/SLB. Keragaman kekayaan Nusantara dan potensi daerah diperkenalkan melalui interaksi langsung siswa dengan komponen pemerintahan dan masyarakat di provinsi yang dikunjungi.

SMN 2019 di Riau sendiri selenggarakan oleh tiga BUMN yakni PT Hutama Karya, PT Perkebunan Nusantara V dan PT Permodalan Nasional Madani (PNM).

Baca juga: Lanud Roesmin Nurjadin pamerkan Alutsista kepada peserta SMN

Baca juga: VIDEO - Peserta SMN di Riau dibekali pengetahuan bahaya narkoba