Peserta SMN Yogyakarta ziarah ke Makam Sultan Syarif Kasim II

id SMN, SMN Riau, SMN 2019

Peserta SMN Yogyakarta ziarah ke Makam Sultan Syarif Kasim II

Makam SSK II di Siak (Foto Antaranews/Vijay Kantaw/19)

Siak (ANTARA) - Setelah berkunjung ke Istana Siak Sri Indrapura, Senin (19/8), peserta Siswa Mengenal Nusantara (SMN) 2019 berkesempatan melihat makam Sultan Syarif Kasim (SSK) II, Sultan Siak yang paling terkenal.

Makam bersejarah tersebut berada tidak jauh dari Komplek Istana Siak Sri Indrapura, berjarak sekitar 150 meter, tepat di samping Masjid Syahabuddin.

Sultan Syarif Kasim II wafat di Pekanbaru pada 23 April 1968 dan dimakamkan di Siak. Kawasan makam ini dibuat dengan jirat empat undak dari bahan tegel dan marmer dengan ukuran panjang 305 cm, lebar 153 cm serta tinggi 110 cm.

Sementara nisan dibuat dari kayu menggunakan bermotif suluran-suluran. Pada bagian depan makam terdapat simbol-simbol kebesaran Kesultanan Siak.

Sebenarnya pada komplek permakaman tersebut terdapat beberapa makam. Makam SSK II berada di tengah dengan sebuah kain kuning yang dijulurkan menutupi ya. Di sebelahnya merupakan makam permaisuri sang Sultan.

Pada bagian luar juga terdapat beberapa makam yang masih kerabat dan keluarga dari SSK II.

"Tadi kami berkunjung ke makam, di sini yang boleh masuk diperkenangkan harus memakai jilbab dan tidak sedang halangan, karena ini tempat suci," kata Kintan Dewi SMN 2019.

Untuk mengenang jasa SSK II, Pemerintah Provinsi Riau mengabadikannya dengan memberi nama Bandara di Pekanbaru dengan nama Bandara SSK II serta Universitas Islam Negeri SSK II.

Baca juga: VIDEO - ini keseruan saat peserta SMN Yogyakarta melawat ke Istana Siak

Baca juga: 30 Peserta SMN Yogyakarta tertarik pemaparan 'Ombak Bono' di Museum Sang Nila Utama


Pewarta :
Editor: Riski Maruto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar