Lanud Roesmin Nurjadin pamerkan Alutsista kepada peserta SMN

id SMN, BUMN, Riau,SMN Riau, SMN 2019, SMN Riau 2019

Peserta SMN asal DIY sedang berada di Lanud Roemin Nurjadin Pekanbaru. (Foto Antaranews/Anggi Romadhoni/19)

Pekanbaru (ANTARA) - Pangkalan Udara Roesmin Nurjadin memperkenalkan alat utama sistem persenjataan (Alutsista) yang memperkuat pangkalan militer utama wilayah barat Indonesia itu ke puluhan peserta siswa mengenal Nusantara (SMN) asal Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

Kegiatan pengenalan Alutsista itu merupakan bagian dari program bela negara yang menjadi program pertama peserta SMN di Provinsi Riau, Rabu.

"Nanti kita persilahkan selain pembekalan bela negara juga mengenal lingkungan beberapa unit dan satuan kita," kata Komandan Lanud Roesmin Nurjadin, Marsekal Pertama Ronny Irianto Moningka.

Ronny menjelaskan Lanud Roesmin Nurjadin dilengkapi dengan dua Skuadron tempur, yakni Skuadron 16 yang perkuat dengan jet tempur buatan negeri Paman Sam F-16 Fighting Falcon. Selanjutnya Skuadron 12 Balck Hawk yang bermaterikan jet tempur jenis Hawk 100/200.

Selain itu, Lanud Roesmin Nurjadin juga dilengkapi dengan Skuadron Teknik, serta simulator yang diperuntukkan bagi para penerbang pemula. Seluruh kelengkapan militer itu menjadikan Lanud Roesmin Nurjadin sebagai satu-satunya pangkalan militer tipe A di Pulau Sumatera.

Ronny selanjutnya mempersilahkan kepada para peserta SMN untuk menyaksikan langsung pesawat-pesawat tempur tersebut. "Silahkan juga nanti yang mau swafoto. Kalau tidak ke Pekanbaru adik-adik belum tentu lihat F-16 dan Hawk kan," ujarnya.

Lebih jauh, Ronny berharap dengan menyaksikan langsung seluruh Alutsista yang ada dapat menumbuhkan rasa cinta generasi muda asal Daerah Istimewa Yogyakarta kepada negara.

Sebanyak 23 siswa SMA sederajat, termasuk tiga diantaranya merupakan siswa berkebutuhan khusus asal DIY tiba di Kota Pekanbaru pada Selasa kemarin (14/8). Mereka akan berada di Riau selama sepekan mendatang untuk mempelajari budaya, seni, dan kehidupan masyarakat Bumi Lancang Kuning tersebut.

Di hari pertama kegiatan SMN diisi dengan program Bela Negara yang setiap tahun dilaksanakan di Lanud Roesmin Nurjadin, Pekanbaru.

SMN adalah bagian dari program BUMN Hadir Untuk Negeri yang dilakukan setiap tahun dalam rangka lebih memperkenalkan Nusantara kepada pelajar SMA sederajat.

SMN ditujukan untuk menanamkan rasa bangga dan cinta Tanah Air sejak dini kepada siswa SMA/SMK/SLB. Keragaman kekayaan Nusantara dan potensi daerah diperkenalkan melalui interaksi langsung siswa dengan komponen pemerintahan dan masyarakat di provinsi yang dikunjungi.

SMN 2019 di Riau sendiri selenggarakan oleh tiga BUMN yakni PT Hutama Karya, PT Perkebunan Nusantara V dan PT Permodalan Nasional Madani (PNM).

Pewarta :
Editor: Riski Maruto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar