Kanwil Kemenag Riau Data Biro Perjalanan Haji

id kanwil kemenag, riau data, biro perjalanan haji

Pekanbaru, 9/1 (ANTARA) - Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama Riau, Drs H Asyari Nur, mengatakan bahwa pihaknya akan melakukan pendataan terhadap biro perjalanan haji yang ada di Riau.

"Biro perjalanan haji yang menyelenggarakan ibadah haji plus akan didata. Apakah terdaftar di Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah," ujar Asyari Nur di Pekanbaru, Ahad.

Selain itu pendataan biro perjalanan haji ini dilakukan untuk memeriksa apakah mekanisme pendaftarannya sudah sesuai dengan prosedur yang ditetapkan oleh pihak pemerintah.

Pihaknya mengkhawatirkan adanya biro perjalanan haji 'nakal' dan nantinya akan merugikan masyarakat.

"Pada tahun lalu, terdapat 48 calon haji asal Riau yang batal berangkat dikarenakan adanya biro perjalanan nakal yakni biro perjalanan Sekapur Sirih dan Humairoh. Setelah diperiksa ke Dirjen PHU ternyata tidak terdaftar," katanya menjelaskan.

Biasanya, lanjut dia, biro perjalanan seperti ini melakukan kerja sama dengan biro perjalanan lainnya yang sudah terdaftar di Dirjen PHU. Dan merugikan masyarakat, karena tidak adanya jaminan bagi masyarakat bisa mendapatkan kursi keberangkatan.

"Oleh karena itu, Kemenag mengimbau masyarakat untuk melakukan cek apakah biro perjalanan tersebut sudah terdaftar atau belum. Ini juga untuk menghindari semakin bertambahnya korban yang berjatuhan tiap tahun," tukas dia.

Ia menyebutkan untuk tahun ini, kuota haji plus untuk Indonesia sudah penuh terisi dikarenakan sudah mencapai 23.500.

"Jadi tidak mungkin ada lagi kuota haji plus untuk tahun ini. Jadi jika masyarakat yang mendaftar pada tahun ini, kemungkinan berangkat pada 2012 mendatang," tutur dia.