Pekanbaru Akan Dapat Bantuan Bencana Dari AS

id pekanbaru akan, dapat bantuan, bencana dari as

Pekanbaru, 5/1 (ANTARA) - Walikota Pekanbaru H.Herman Abdullah mengatakan Pemerintah kota Pekanbaru akan mendapatkan bantuan penanganan bencana alam dari negara Amerika serikat (AS) berupa job traning dan perahu karet .

"Kami tadi sudah menerima kedatangan utusan negara Amerika Serikat bidang Kemanusiaan, ia bermaksud untuk melihat dampak bencana gempa yang terjadi di Padang beberapa waktu lalu terhadap kota Pekanbaru," ungkap Herman, Rabu 5/1.

Ia menerangkan, dalam pertemuan tersebut pihak AS mengajukan ijin ingin melihat infra struktur jalan dan pelabuhan serta lapangan terbang yang dimiliki Pekanbaru. Hal ini terkait dengan upaya AS ingin menggunakan fasilitas jalan di Pekanbaru untuk mengirim bantuan alat berat nantinya, dalam mengantisipasi jika terjadi bencana gempa di Padang Sumatra Barat.

"Utusan AS nantinya berharap bisa menggunakan jalan dan lapangan terbang yang ada di Pekanbaru untuk mengirim peralatan berat mereka yang akan digunakan bagi misi bencana alam di Padang sumbar," jelasnya.

selain penanganan bencana di Padang , mereka juga ingin memberikan bantuan bagi bencana rutin di Pekanbaru yakni banjir tahunan.

Katanya Pemko sudah mengusulan 3 bentuk bantuan yang di butuhkan di Pekanbaru yang nantinya akan digunakan bagi penanganan bencana banjir di 6 kecamatan di Pekanbaru.

"Dari ketiga bantuan yang kami ajukan tersebut, utusan As mengaku hanya bisa memenuhi 2 bantuan yakni bantuan traning bagi tenaga linmas dan pemberian perahu karet.Sementara untuk pengadaan alat berat yang memang minim di miliki Pemko tidak setujuinya," jelasnya.

Ia juga menambahkan pemko Pekanbaru menyambut baik niat negara AS untuk memberikan bantuan karena tidak ada tendensi negatifnya.

"kami menyambut baik niat baik tersebut jika niat baiknya tidak bertendensi negatif," tutupnya.

Ditempat yang sama Pimpinan Bidang kemanusiaan dari kedutaan Amerika serikat Shane Pollard didampingi oleh juru bicaranya Andre, rabu, mengatakan, tujuan kedatangan mereka ke Pekanbaru untuk melakukan koordinasi dengan Walikota Pekanbaru terkait kerjasama penanggulangan resiko bencana .

"Kami mau menjajaki dulu dan membicarakan kerjasama ini nantinya dengan Kesbang Linmas Pekanbaru, dan melihat apa saja yang dapat di berikan terkait penanggulangan bencana di Pekanbaru ," urainya.

Ia mengakui selama ini pihak As belum pernah melakukan kerjasama serupa dengan kota Pekanbaru, namun dengan kota lainnya sudah ada.