Pekanbaru Juara Umum MTQ ke-42 Provinsi Riau

id Juara Umum MTQ, Pekanbaru Juara Umum, MTQ Provinsi Riau

Pekanbaru Juara Umum MTQ ke-42 Provinsi Riau

Kota Pekanbaru menerima piala penghargaan juara umum dalam lomba Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-42 tingkat Provinsi Riau. (ANTARA/HO-Pemko Pekanbaru)

Pekanbaru (ANTARA) - Kota Pekanbaru meraih juara umum dalam lomba Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-42 tingkat Provinsi Riau yang diselenggarakan di Kota Dumai dengan meraup poin 93 mengungguli 11 kabupaten dan kota lainnya.

Kemenangan ini tertuang dalam Surat Keputusan Nomor: Kpts 11/DH/MTQ-XLII/D/IV/2024 yang ditandatangani Ketua Dewan Hakim, Mawardi M Saleh. Hal itu diumumkan pada penutupan Sabtu malam (27/4).

"Alhamdulillah, Pekanbaru berhasil meraih juara umum pada MTQ Riau ke-42 ini. Dua tahun terakhir Pekanbaru hanya meraih juara dua," kata Penjabat (Pj) Walikota Pekanbaru Muflihun, Ahad.

Dia mengapresiasi atas capaian tersebut dan mengucapkan selamat kepada kafilah yang telah bertanding di ajang MTQ tingkat Provinsi Riau ini. Selain itu dia juga mengucapkan terima kasih kepada official yang ikut serta dalam pelaksanaan MTQ tingkat Provinsi Riau ini.

Kota Pekanbaru berhasil meraih juara I pada sejumlah lomba di antaranya pada tingkat anak-anak putra cabang lomba Tartil Al-quran atas nama M. Rosyid Ridho. Pada lomba yang sama juga juara I untuk tingkat remaja putri atas nama Adilla Kamiliah Putri serta pada tingkat dewasa putra diraih Hamdani Rosyidi.

Selanjutnya Juara I lainnya diraih pada lomba Qira'at Murathal tingkat remaja putra direbut Muhammad Ikhsanul Hadi. Lalu pada Hifdzil 30 Juz putra dan putri juga menjadi Juara I atas nama Muhammad Habibul Al Hanif dan Hafizhah Isti'anah Billah.

Kemudian Juara I Bahasa Indonesia beserta Hafalan 30 Juz dan Tafsir Juz XIV Putri diraih Afifah Luthfiatul Ulya. Juga Lomba Syarhil Quran Putri Juara I atas nama Anjali Dhiyaa Maharani.

Pada Lomba Fahmi Quran Putri juga dari Pekanbaru meraih Juara I atas nama Zulaikha Azzahira Abena. Selain itu pada lomba Khattil Quran Naskah Juara I asal Pekanbaru atas nama Herman Pelani.

Tak hanya itu, untuk Lomba Kaligrafi Digital putra dan putri juga diraih Pekanbaru atas nama Syamsul Bahri dan Nuria Hafazhah. Terakhir Juara I diraih Intan Febrianti pada Lomba Hafalan Hadist tanpa Sanad Putri.

Pj Walikota Muflihun menyebut kemenangan ini sesuai dengan target yang diharapkan sebelumnya, agar pada tahun ini Kota Pekanbaru bisa menjadi juara umum karena dalam dua tahun terakhir hanya mendapat juara dua.