Ester perpanjang napas Indonesia untuk melangkah ke final Piala Uber 2024

id Berita hari ini, berita riau terbaru, berita riau antara, Piala Uber

Ester perpanjang napas Indonesia untuk melangkah ke final Piala Uber 2024

Pebulu tangkis tunggal putri Indonesia Ester Nurumi Tri Wardoyo melakukan selebrasi usai menang saat melawan pebulu tangkis tunggal putri Thailand Supanida Katethong dalam babak perempatfinal Piala Uber 2024 di Chengdu Hi Tech Zone Sports Center Gymnasium, Chengdu, China, Jumat (3/5/2024). Ester Nurumi Tri Wardoyo menang dengan tiga gim 19-21, 21-19, 21-19 dan tim Indonesia menang atas Thailand dengan skor 3-0. (ANTARA FOTO/Galih Pradipta/foc.)

Jakarta (ANTARA) - Tunggal putri Ester Nurumi Tri Wardoyo memperpanjang napas Indonesia untuk melanjutkan langkah tim bulu tangkis putri menuju babak final Piala Uber 2024.

Ester membawa Indonesia unggul 2-1 atas Korea Selatan setelah mengalahkan Kim Ga Ram di babak semifinal melalui rubber game dengan skor 20-22, 21-16, 21-12, di Chengdu Hi Tech Zone Sports Center Gymnasium, Chengdu, China, Sabtu.

Pada gim pertama, perebutan angka berlangsung sengit bagi kedua pemain. Keduanya saling bergantian untuk mengungguli satu sama lain dengan margin tipis.

Kim memiliki pertahanan yang cukup sulit untuk ditembus, sementara Ester mempunyai kekuatan yang terbukti bisa membuka celah pertahanan lawan.

Setelah bertarung ketat, kemenangan gim pertama diraih oleh Kim dengan skor 22-20.

“Tadi mungkin di gim awal saya sudah cukup unggul tapi lalu dapat dikejar. Saat itu, fokus saya agak hilang dan dia naik kepercayaan dirinya,” kata Ester saat ditemui usai pertandingan.

Beralih ke gim kedua, Ester berusaha untuk tampil lebih tenang sembari menjaga kontrol serta momentum keunggulan yang ia pegang di awal pertandingan. Ester pun semakin berani untuk melancarkan bola-bola yang lebih kuat dan variatif, sehingga cukup mengejutkan dan menyulitkan Kim.

Semakin percaya diri, Ester akhirnya merebut gim kedua dan memaksakan rubber game demi membuat Indonesia kembali unggul di babak semifinal Piala Uber 2024.

Pada gim penentuan, Ester kembali menemukan kepercayaan dirinya dan tampil lebih lepas. Ia berhasil memberikan tekanan kepada Kim sehingga lawan menjadi tertekan dan banyak melakukan kesalahan sendiri.

Setelah lebih dari satu jam bermain, adik dari tunggal putra Chico Aura Dwi Wardoyo itu pun akhirnya menggandakan keunggulan untuk Indonesia melalui skor 21-12.

“Di gim kedua dan ketiga, saya mencoba lebih fokus. Di gim pertama saya lebih ragu-ragu dan banyak memberikan bola tanggung. Maka dari itu, saya mencoba untuk lebih yakin dengan permainan saya,” kata Ester.

Sementara itu, masih ada dua wakil yang akan turun pada babak empat besar Piala Uber 2024 hari ini.

Dari sektor tunggal ada Komang Ayu Cahya Dewi, sedangkan dari nomor ganda ada Lanny Tria Mayasari/Ribka Sugiarto.

Ini merupakan semifinal Piala Uber pertama Indonesia setelah penantian 14 tahun lamanya. Terakhir kali Indonesia lolos ke babak empat besar adalah pada edisi 2010 yang diadakan di Kuala Lumpur, Malaysia.

Para srikandi Merah Putih memiliki peluang untuk lolos ke babak final, dan jika hal itu terjadi, maka itu adalah pertama kalinya sejak Piala Uber 2008.

Baca juga: Indonesia turunkan kekuatan terbaik hadapi Thailand di perempat final Piala Uber 2024

Baca juga: Indonesia ditekuk China 0-3 di perempat final Piala Uber 2022