Jelang Pilkada 2024, KPU Meranti rekrut ulang PPK dan PPS

id KPU Meranti ,PPK dan PPS di Meranti,Pilkada serentak 2024,Pilkada di Meranti

Jelang Pilkada 2024, KPU Meranti rekrut ulang PPK dan PPS

Komisioner KPU Kepulauan Meranti Divisi Parmas dan SDM, Hanafi SSos. (ANTARA/Rahmat Santoso)

Selatpanjang (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kepulauan Meranti merekrut ulang Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) secara terbuka, menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2024.

"Hari ini sudah tahap pengumuman hasil seleksi administrasi untuk anggota PPK, ada 170 calon yang lolos. Sementara anggota PPS baru dimulai pembukaan pendaftarannya," kata Komisioner KPU Kepulauan Meranti Divisi Parmas dan SDMHanafi SSos kepada ANTARA, Sabtu.

Hanafi menyebutkan, pendaftaran dan penerimaan anggota PPK dibuka sejak 23 sampai 29 April 2024 lalu. Waktu penerimaan berkasnya kemudian diperpanjang dari 30 April dan dibatasi hingga 2 Mei.

Sedangkan untuk anggota PPS, pendaftaran dan penerimaannya baru dibuka beberapa hari yang lalu yaitu pada 2 sampai 8 Mei mendatang. Lalu akan diperpanjang selama 3 hari dari tanggal 9 sampai 11 Mei.

"Rekrutmen PPK dan PPS ini memang hampir beriringan. Tapi untuk PPK ini sudah akan masuk ke tahap seleksi tertulis. Seleksinya akan dilakukan pada Senin besok tanggal 6 Mei 2024," ujar Hanafi.

Ia menjelaskan rekrutmen dilakukan berdasarkan keputusan Komisi Pemilihan Umum (KPU) nomor 476 dan nomor 475 tahun 2024. Anggota badan adhoc pada pemilu kemarin bisa kembali mendaftar.

"Saya berharap proses rekrutmen ini dapat berjalan lancar. Badan ad hoc pemilu boleh saja mendaftar, karena ini seleksi terbuka. Tinggal mengikuti tahapan seleksinya," ujarnya.

Untuk kebutuhan, kata Hanafi, jumlahnya sama seperti pada pemilu kemarin yaitu PPK sebanyak 45 orang untuk mengisi posisi di 9 kecamatan di Meranti. Artinya 5 orang anggota PPK akan mengisi setiap kecamatan.

"Sedangkan PPS membutuhkan 303 orang. Dari 101 kelurahan yang ada di Meranti, setiap 3 orang anggota PPS akan mengisi setiap desa," jelas Hanafi.