Dinas PU Dumai Berencana Tata Ulang Lokasi Pabrik Semen

id dinas pu dumai,batching plant dumai,berita riau antara,berita riau terbaru,semen

Dinas PU Dumai Berencana Tata Ulang Lokasi Pabrik Semen

Ilustrasi - Pabrik Semen (ANTARA FOTO/Zabur Karuru)

Dumai (ANTARA) - Dinas Pekerjaan Umum Kota Dumai, Provinsi Riau, berencana menata ulang keberadaan pabrik olahan semen beton curah atau ready mix berlokasi di Jalan Soekarno - Hatta Kecamatan Bukit Kapur, agar menyesuaikan tata ruang perkotaan.

Kepala Bidang Tata Ruang Dinas PU Dumai Muhammad Mufarizaldi Dumai, Selasa, mengatakan, sesuai perkembangan kota, lokasi perusahaan pabrik olahan semen curah ini dianggap sudah tidak layak lagi karena berdekatan dengan pemukiman warga.

"Akan dianalisa dan dilakukan peninjauan ulang agar lokasi pabrik bisa dipindahkan dan harus disesuaikan lagi dengan tata ruang," kata Mufarizal pada wartawan.

Menurutnya, lokasi pabrik selain terlalu dekat permukiman, juga mendekati sepadan badan jalan umum, dan izin lokasi masih yang lama sejak masa kepempinanan wali kota terdahulu.

Izin lokasi digunakan perusahaan pabrik olahan semen curah ini sudah sangat tidak layak lagi untuk diterapkan, mengingat perkembangan kota dan pertumbuhan penduduk serta permukiman di daerah itu.

Seorang warga Sahrul menilai seharusnya lokasi pabrik batching plant minimal lima belas belas meter dari bahu jalan dan jauh dari pemukiman warga.

Dia meminta agar instansi terkait di pemerintahan segera mengambil kebijakan agar keberadaan pabrik tidak menganggu pertumbuhan kota dan dicarikan lokasi baru.

"Agar tidak terjadi gangguan pada lingkungan dan sesuai tata ruang kota, kita harap pemerintah segera ambil kebijakan," kata Sahrul.

Baca juga: Kapal Angkut Semen yang Tenggelam Sempat ditahan Lanal Dumai

Baca juga: Kuasai 84 Persen Pasar di Riau, Semen Padang Dirikan ini di Dumai
Pewarta :
Editor: Febrianto Budi Anggoro
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar