Prancis bertekad turunkan ketegangan AS dan Iran dalam pertemuan Sidang Umum PBB

id Berita hari ini, berita riau terkini, berita riau antara

Prancis bertekad turunkan ketegangan AS dan Iran dalam pertemuan Sidang Umum PBB

Menteri Luar Negeri Iran Mohammad Javad Zarif pada Kamis, 22 Agustus 2019, mengatakan Iran berusaha memelihara keamanan Teluk Persia dan AS mesti tahu negara itu tak bisa membuatnya jadi tidak aman (ANTARA/IRNA)

New York (ANTARA) - Prancis mengatakan bahwa menurunkan ketegangan antara Amerika Serikat dan Iran menjadi tujuan utama dalam pertemuan Sidang Majelis Umum PBB yang dilaksanakan pekan ini.

"Prioritas utamanya adalah apakah kami dapat memulai kembali jalur deeskalasi dengan aktor yang berbeda," kata Menlu Prancis Jean-Yves Le Drian kepada awak media, Minggu..

Prancis memimpin upaya Eropa untuk meredakan hubungan antara Washington dan Teheran, yang memanas. Namun upaya itu terhenti, dengan Iran mengurangi komitmennya terhadap perjanjian nuklir 2015 dengan negara besar dunia, sejak Washington mundur dari perjanjian tersebut tahun lalu dan menolak melonggarkan sanksi yang telah mencekik perekonomian Iran.

Serangan terhadap fasilitas minyak Arab Saudi, di mana AS menuding Iran, juga memperumit masalah tersebut. Harapan pada akhir Agustus bahwa Trump dan Rouhani dapat bertemu di PBB tampaknya hal yang mustahil.

Sumber: Reuters

Pewarta : Asri Mayang Sari