Karhutla Riau - Pekerja di Dumai pingsan diduga akibat terpapar kabut asap

id Korban asap dumai, bencana asap dumai, karhutla dumai, rsud dumai,kabut asap,karhutla,berita riau antara,berita riau terbaru

Karhutla Riau - Pekerja di Dumai pingsan diduga akibat terpapar kabut asap

Tim medis dari Dinas Kesehatan Provinsi Riau memeriksa kondisi kesehatan seorang Polwan yang mengalami gangguan pernapasan di Posko Kesehatan Siaga Kabut Asap di Pekanbaru, Riau, Senin (16/9/2019). Pemerintah Provinsi Riau menyiagakan 14 posko pelayanan kesehatan gratis di kota Pekanbaru bagi warga yang terkena dampak kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan. ANTARA FOTO/Rony Muharrman/pras.

Dumai (ANTARA) - Satu lagi korban diduga terpapar asap berjatuhan di Provinsi Riau, kali ini di Kota Dumai, setelah seorang pekerja wanita pabrik di kawasan pabrik PT Pelindo I Cabang Dumai, sekitar pukul 16.00 WIB, Senin sore, mendadak pingsan dan langsung dilarikan ke rumah sakit.

Korban bernama Sisca (23) mengaku tidak sadarkan diri atau pingsan setelah merasakan sesak nafas dan sempat muntah, kemudian di rumah sakit langsung dibantu pernafasan dengan alat oksigen.

"Tiba tiba kepala pusing dan muntah, memang asap membuat sesak dan saya tak sadarkan diri lagi," kata Sisca ditemui ANTARA, Senin.

Wanita masih lajang ini mengaku sadar dari pingsan setelah terpasang alat oksigen, dan karena sudah merasa membaik, langsung meminta pulang kepada tim medis rumah sakit.

Baca juga: Karhutla Riau - Satu mahasiswa Pekanbaru terluka saat demo melawan asap

Diakui dia udara berasap sangat menganggu aktivitas, karena sebelum pingsan, harus diluar ruangan untuk mengerjakan sejumlah tugas dari perusahaan.

"Ada tugas diluar, dan saya tidak pakai masker karena berangkat pakai mobil kantor," sebutnya.

Humas RSUD Dumai Herman menyebutkan, pasien pekerja swasta ini sempat mendapatkan tindakan medis oksigen dan dibekali obat obatan untuk dikonsumsi di rumah.

"Pasien hanya dibantu alat oksigen dan diberi obatan, hasil medis ada keluhan lambung," kata Herman.

Baca juga: Karhutla Riau - Pesawat kepresidenan mendarat di tengah kabut asap

Sebelumnya, pada Jumat (13/9), korban akibat asap juga dialami seorang wanita paruh baya pengendara sepeda motor sedang berhenti di perempatan lampu merah Tugu PON Kota Dumai, dia mendadak lemas dan sesak nafas, dia nyaris tumbang dari atas kendaraan sepedamotor matic.

Kejadian ini jadi viral di media sosial karena terekam video seorang netizen, dan dalam video tersebar di laman facebook, terlihat seorang perempuan pengendara sepeda motor diselamatkan oleh petugas kesehatan yang tengah membagikan masker.

Pemilik video Rudi Fajrin Amin mengatakan, seorang perempuan tiba-tiba terlihat sempoyongan saat berhenti di lampu merah Bundaran Jalan Sukajadi - Sultan Sarif Kasim, dan beberapa relawan sedang membagikan masker langsung menolong.

"Terlihat dia udah linglung dan beberapa kali menyandarkan kepala ke stang sepeda motor, saya mulai curiga dan tak lama beberapa orang langsung membawa ke ambulans," kata Rudi.

Akibat udara tercemar asap, belum lama ini juga ada empat siswi salah satu sekolah menengah atas di Dumai mengalami pusing-pusing di dalam kelas, dan harus mendapat tindakan medis.

Baca juga: VIDEO - Setelah nyaris ricuh, Gubernur Riau akhirnya temui demo mahasiswa UIN Suska

Baca juga: 4.500 personel amankan kedatangan Presiden Jokowi ke Riau
Pewarta :
Editor: Febrianto Budi Anggoro
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar