Pengelola RKB Pekanbaru berharap peserta SMN jadi pebisnis muda

id SMN Riau, SMN 2019

Salah satu siswa SMN asal Yogyakarta di latar belakangi motif songket Riau, saat berkunjung ke Rumah Kreatif BUMN Pekanbaru, besutan PT Pertamina, Kamis (15/8) (Foto Antaranews/Vera Lusiana)

Pekanbaru (ANTARA) - Pengelola Rumah Kreatif BUMN (RKB) Pekanbaru, Teresia Mari Rizky kepada peserta Siswa Mengenal Nusantara (SMN) yang sedang berkunjung ke Pekanbaru, Kamis, bisa menjadi pengusaha muda yang sukses.

"Harapannya adik-adik ini akan memiliki motivasi jadi wirausahawan muda," kata Teresia Rizky saat menerima kunjungan peserta SMN asal Daerah Istimewa Yogyakarta.

Ia juga berbagi tips bagi yang serius ingin jadi pengusaha di antaranya keyakinan diri, persiapkan modal, menjalankan usaha, melihat peluang bisnis, menentukan target pasar, rajin membuat catatan keuangan, dan fokus sama satu usaha dulu.

Tips selanjutnya adalah memahami kompetisi, siap menghadapi risiko, terbuka terhadap setiap saran dan kritik, terus belajar dan jangan cepat puas.

Penjelasan itu dicermati secara seksama oleh peserta SMN tersebut.

Sementara itu, salah satu peserta SMN Ridho Prabandaru SMKN 7 Yogyakarta, mengaku sangat terbantu dengan informasi tersebut.

Bahkan ia jadi ingin mencari apakah ada lembaga serupa di Yogyakarta agar dia bisa ikut bergabung. Saat ini ia sudah mulai belajar bisnis perantara produk sepatu di tempatnya tinggal, jadi semakin tertarik untuk jadi wirausahawan serius.

"Saya jadi tahu tips jadi wirausahawan, cara merintis dan menciptakan produk kreatif jadi lebih bernilai tinggi," tambah Ridho menutup.

Program SMN adalah salah satu kegiatan dari Kementerian BUMN. SMN di Riau saat ini dihelat oleh PT Hutama Karya, PT Perkebunan Nusantara V dan PT Permodalan Nasional Madani.

SMN adalah semacam pertukaran pelajar yang bertujuan untuk lebih mengenal dan mencintai Tanah Air.

Baca juga: VIDEO - Peserta SMN di Riau dibekali pengetahuan bahaya narkoba

Baca juga: VIDEO - Peserta SMN di Riau terpukau aksi anjing pelacak mengendus narkoba


Pewarta :
Editor: Riski Maruto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar