Pegawai Pemko Pekanbaru kurban 24 ekor pada Idul Adha 1440 H

id Kurban,idul adha 1440 h,pemko pekanbaru,berita riau antara,berita riau terbaru

Pegawai Pemko Pekanbaru kurban 24 ekor pada Idul Adha 1440 H

Ilustrasi hewan kurban. (Antaranews/Ali Khumaini)

Pekanbaru (ANTARA) - Pemerintah Kota Pekanbaru akan menyembelih 24 ekor sapi sebagai hewan kurban pada perayaan Idul Adha 1440 Hijriyah, ini seluruhnya hasil sumbangsih jajaran pegawai.

"Menurut rencana, penyembelihan hewan kurban dilakukan di halaman Masjid Nurul Salim dalam kawasan kantor Walikota Pekanbaru, pada Selasa (13/08/2019)," kata

Kabag Administrasi Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Sekretariat Daerah Pemko Pekanbaru melalui Kasubag Kesejahteraan Sosial (Kesos), Surya Ananda di Pekanbaru, Kamis.

Surya Ananda menjelaskan ada peningkatan jumlah hewan yang dikurbankan tahun ini dibandingkan Idul Adha tahun lalu.

"Sapi yang akan dikurbankan di lingkungan Pemko Pekanbaru tahun ini meningkat sebanyak tujuh ekor dibanding tahun lalu," ujar Surya Ananda.

Menurutnya pada Idul Adha 1439 Hijriyah, jumlah sapi kurban sumbangan dari walikota, wakil walikota dan kalangan pejabat ASN Pemko Pekanbaru hanya sebanyak 17 ekor sapi dan 4 ekor kambing. Kini naik menjadi 24 ekor dengan keseluruhan sapi.

Ia melanjutkan pengumpulan dana kurban oleh pegawai Pemko Pekanbaru yang mampu untuk perayaan Idul Adha 1440 Hijriyah, telah dilakukan sejak awal. Baik sistem cicil maupun langsung.

"Melihat waktu masih ada kemungkinan lebih dari itu, kita lihat perkembangannya beberapa hari mendatang. Angka finalnya akan kita ketahui saat rapat persiapan pelaksanaan hari raya Idul Adha 1440 H pada minggu depan," ujar Surya Ananda.

Nantinya sambung dia, hewan kurban ini akan dibagikan ke pada penerima di antaranya para pegawai ASN golongan I, tenaga harian lepas (THL), anggota 'pasukan kuning' dan sejumlah warga ekonomi kurang mampu yang tinggal di sekitar Kantor Walikota Pekanbaru Jalan Sudirman.

"Tahun ini kita usahakan tidak memotong kambing, semua hewan kurban adalah sapi," tuturnya.

Untuk proses penyembelihan Pemko bekerjasama dengan rumah potong hewan Pekanbaru dan sejumlah staf di lingkungan kantor.

"Untuk kupon daging yang akan kita sebar sebanyak 2.200," pungkasnya.

Baca juga: Jumlah hewan kurban di Siak meningkat lima persen

Baca juga: Kebutuhan hewan kurban Pekanbaru meningkat 3 persen