Mahasiswa UIN dan UNRI tanam 1.500 bibit penghijauan

id kunkerta,UIN Suska, UIR Riau

Mahasiswa UIN dan UNRI tanam 1.500 bibit penghijauan

Sebanyak 1.500 bibit pohon dari berbagai jenis ditanam pada lingkungan masyarakat oleh mahasiswa UIN Suska dan UNRI yang melaksanakan Kunkerta di Desa Parit 1 Api-api Kecamatan Bandar Laksamana Bengkalis. (Foto Antaranews/Alfisnardo)

Bengkalis (ANTARA) - Sebanyak 1.500 bibit pohon penghijauan ditanam di kawasan lingkungan masyarakat oleh mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) Suska dan Universitas Riau (UNRI), yang melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (Kunkerta) di Kecamatan Bandar Laksamana Kabupaten Bengkalis.

"Kegiatan ini merupakan salah satu program Kunkerta kita bersama kawan-kawan dari UIN Suska dan UNRI di desa Parit I Api-api," ujar M. Rafian Nurdintaher Ketua panitia penanaman bibit pohon, Rabu.

Diungkapkannya, jenis bibit pohon yang ditanam di antaranya, durian, pinang, nangka, gaharu, trembesi dan sirsak dan sudah dilaksanakan sejak 25 Juli 2019.

"Tema yang kita angkat yakni Paris Go Green, Jaga Bumi, Tanam dan Hijaukan kembali. Kegiatan ini terlaksana atas kerja sama Mahasiswa KKN UIN Suska dan UNRI dengan Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Pekanbaru," ungkap M. Rafian.

Dijelaskannya, tujuan kegiatan ini untuk menghijaukan desa. Penghijauan tidak akan berarti jika tidak ada perawatan untuk ke depannya.

"Penanaman dilakukan di sekitaran permukiman warga desa dan di tepi jalan raya untuk menyejukkan dan menghijaukan lingkungan. Selain itu, buah dari pohon tersebut nantinya dapat dimanfaatkan oleh warga sekitar," jelasnya lagi.

M. Rafian juga berharap bibit pohon yang sudah ditanam hendaknya dapat dirawat oleh masyarakat setempat dengan kesadaran terhadap lingkungan sekitarnya.

Kepala Desa Parit I Api-Api Suratman menyambut baik kegiatan mahasiswa Kukerta UIN Suska dan UNRI dengan tujuan penghijauan dan menjaga kelestarian lingkungan hidup di desa setempat.

"Kami dari pemerintahan desa mengucapkan ribuan terimakasih kepada mahasiswa KKN yang hadir di desa Parit I Api-Api dan sudah ikut serta dalam membangun penghijauan di desa kami ini," ujar Kades.