Kolombia habiskan 1 miliar dolar AS untuk ganti 20 pesawat militernya

id Berita hari ini, berita riau terkini, berita riau antara,Kolombia habiskan 1 miliar dolar AS

Kolombia habiskan 1 miliar dolar AS untuk ganti 20 pesawat militernya

Tim Aerobatik Angkatan Udara Amerika Serikat, Thunderbirds, beraksi saat Colombia Airshow 2019 di Rionegro, Kolombia, Minggu (14/7/2019) (ANTARA FOTO/REUTERS/David Estrada/pra)

Bogota (ANTARA) - Kolombia sedang mempertimbangkan usul dari Amerika Serikat, Spanyol serta Swedia saat akan mengganti pesawat militernya yang telah usang, menurut angkatan udara negara Amerika Selatan itu, Selasa.

Mengganti sekitar 20 pesawat tempur Kfir buatan Israel, yang dibeli Kolombia tiga dekade lalu, dapat menghabiskan dana lebih dari 1 miliar dolar AS, kata sumber angkatan udara, yang tak berwenang berbicara kepada publik, kepada Reuters.

Baca juga: Langgar wilayah udara, Korsel lepaskan ratusan tembakan peringatan ke pesawat militer Rusia

"Sejumlah negara, termasuk Spanyol, Swedia dan Amerika Serikat mengajukan proposal resmi kepada Kolombia untuk mengganti skuadron tersebut," kata sumber tersebut dalam satu pernyataan.

"Pesawat-pesawat seperti Saab Gripen, Eurofighter dan F-16 sedang dievaluasi, sebuah proses yang akan memungkinkan (angkatan udara) memberikan rekomendasi pada saat menentukan pilihan" bunyi pernyataan tersebut.

Kendati anggaran terbatas, Presiden Ivan Duque mengatakan ia mendukung modernisasi peralatan militer negara.

Baca juga: Beli S-400 buatan Rusia, AS keluarkan Turki dari program pesawat tempur F-35

Baca juga: Penerbangan pesawat ini dibatalkan karena ancaman bom


Sumber: Reuters

Editor: Maria D Andriana