Marlis Syarif salurkan bantuan kepada para pedagang korban kebakaran

id Marlis syarif, beri bantuan korban kebakaran, musibah kebakaran

Sekretaris Badan Kesbangpol Indragiri Hilir, Marlis Syarif saat menyerahkan bantuan secara dimbolis kepada Camat Tempuling, Ridwan disaksikan Kapolsek dan Danramil setempat, Jum’at (19/7).

Tembilahan (ANTARA) - Sekretaris Badan Kesbangpol Kabupaten Indragiri HilirMarlis Syarif menyalurkan bantuan berupa material bangunan dan uang tunai untuk para pedagang yang terkena musibah kebakaran pasar Senin Kelurahan Sungai Salak, Kabupaten Tempuling, Jum’at (19/7).

“Bantuan ini kita berikan untuk meringankan beban korban kebakaran yang kehilangan tempat mencari nafkah,” ucap Marlis Syarif.

Mantan Kepala Bagian Humas Setda Inhil ini mengatakan, sebelumnya dirinya sudah berjanji akan memberikan bantuan kepada para pedagang korban musibah kebakaran yang menghanguskan 199 kios di pasar Senin Kelurahan Sungai Salak. Namun bantuan baru diberikan hari ini karena menunggu hasil musyawarah bersama Camat setempat.

Dari hasil Musyawarah diketahui bahwa masyarakat mengharapkan adanya Tempat Penampungan Pedagang Sementara (TPPS) agar para pedagang tetap bisa menjalankan usahanya.

Camat Tempuling, Ridwan usai menerima secara simbolis bantuan yang diberikan mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya atas kepedulian Marlis Syarif kepada korban kebakaran.

“Saya atas nama masyarakat mengucapkan terimakasih atas kepedulian yang diberikan,” ucapnya.

Baca juga: Tinjau lokasi kebakaran Pasar Sungai Salak, Bupati imbau masyarakat selalu waspada

Dia memaparkan dari hasil musyawarah bersama, masyarakat mendesak agar diberikan tempat berjualan sementara sebelum hari raya Idul Adha.

Dalam waktu dekat, rencananya pihaknya akan membangunkan kios untuk para pedagang dengan ukuran 2X5 meter sebanyak 47 sesuai jumlah korban kebakaran. Adapun lokasi TPPS yakni di area depan los pasar yang terbakar.

“Jadi setelah musyawarah bersama Upika dan Forkopimcam rencananya beberapa hari ke depan, bantuan yang sudah kita terima akan kita berikan kepada masyarakat yang terkena musibah,” terangnya.

Untuk diketahui kebakaran hebat yang melanda kawasan pasar Sungai Salak tersebut, telah menghanguskan 199 bangunan kios. 123 diantaranya digunakan untuk berjualan oleh 47 pedagang.

“Sebelumnya diketahui sebanyak 49 pedagang yang terkena musibah kebakaran, namun setelah didata ternyata hanya 47 orang,” tambah Ridwan.

Musibah kebakaran yang menghanguskan 199 kios itu terjadi pada Senin Senin Malam (15/7). Tidak terdapat korban jiwa dalam musibah tersebut namun kerugian ditaksir mencapai 1,5 miliar.

Baca juga: Kebakaran di Pasar Kelurahan Sungai Salak hanguskan ratusan los kios

Pewarta :
Editor: Riski Maruto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar