Pemkab Kuansing promosi Festival Pacu Jalur di Bukittinggi

id festival pacu jalur,pariwisata riau,wabup kuansing,pacu jalur,berita riau antara,berita riau terbaru

Promosi objek wisata pacu jalur Kuansing di Kota Bukittinggi, Provinsi Sumatera Barat. (istimewa)

Kuantan Singingi Riau (ANTARA) - Pemerintah Kuantan Singingi, Riau mempromosikan pariwisata festival jalur di Bukit Tinggi,Sumatra Barat (Sumbar) dalam rangka menggaet wisatawan nasional dan mancanegara.

"Ini adalah salah satu langkah menuju festival nasional, Kuansing perlu belajar atas kesuksesan itu," kataWakil Bupati Kuantan Singingi Halim di Teluk Kuantan, Minggu.

Wakil Bupati optimis festival pacu jalur 2019 akan lebih baik dan meriah dari tahun sebelumnya, melalui promosi di kota wisata Bukit Tinggi (BK) diyakini bakal sukses menyapa dunia karena daerah ini adalah banyak kedatangan wisatawan asing atas kesuksesan dibidang pariwisata.

Halim juga menyebutkan, salah satu penekanan pariwisata yang dipromosikan adalah pacu jalur, promosi dikemas dalam bentuk launching Pariwisata Kuantan Singingi, kegiatan ditaja Dinas Pariwisata dan Kebudayaan setempat memiliki maksud dan bertujuan bisa mendongkrak jumlah kunjungan wisatawan luar daerah dan khususnya asing.

Promosi di yang digelar di Novotel Hotel dihadiri oleh Walikota Bukit Tnggi Irwandi dan sejumlah pegiat pariwisata sehingga langkah ini akan mendukung keberhasilan Kuansing dalam mengembangkan objek wisata lokal ketarap nasional.

"Bukit Tinggi adalah salah satu kota yang banyak di kunjungi wisatawan dunia setiap tahunnya," ujarnya.

Kuansing belajar bagaimana cara membawa turis mancanegara, untuk penyelenggaraan iven Pacu Jalur, saat ini peserta Pacu jalur masih mayoritas berasal dari daerah Riau, tentu berharap tahun-tahun berikutnya bisa diikuti oleh peserta dari mancanegara.

"Mungkin tahun depan akan diundang atlet mancanegara atau membuat terobosan baru agar atlet dari luar negeri bisa mengikuti kegiatan festival tahunan di Kuansing," terangnya.

Saat ini, katanya, iven Pacu Jalur merupakan tradisi yang sudah berjalan semenjak 116 tahun yang lalu, dan tetap dipertahankan hingga saat ini, ada sekitar 300 ribu hingga 400 ribu pengunjung yang datang ke Kuansing.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kuansing Indra Suandy juga mengatakan, saat ini pihaknya sudah membuat kalender Pariwisata Kuansing selama satu tahun ke depan yang berisikan berbagai Destinasi Wisata Kuansing yang layak untuk dikunjungi, seperti Air Terjun, Air Panas, Rumah Adat, Silat Pangean, Perahu baganduang hingga Pacu Jalur.

"Dengan meningkatnya jumlah pengunjung saat Pacu Jalur (PC), diharapkan bisa menjual Budaya dan Pariwisata Kuansing," sebutnya.

Baca juga: Bupati Mursini buka festival pacu jalur di Lubuok Sobae

Baca juga: Festival Pacu Jalur Ukir Sejarah


Pewarta :
Editor: Febrianto Budi Anggoro
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar