Bupati Mursini buka festival pacu jalur di Lubuok Sobae

id fastival pacu jalur, pacu jalur kuansing

Bupati Mursini buka festival pacu jalur di Lubuok Sobae

Arsip - Peserta pacu jalur (sampan panjang) saling berpacu dalam Festival Pacu Jalur 2016 di Sungai Kuantan, Kabupaten Singingi, Riau. Festival Pacu Jalur merupakan agenda tahunan. (ANTARA /Rony Muharrman)

Kuantan Singingi Riau (ANTARA) - Bupati Kabupaten Kuantan SingingiMursini membuka festival Pacu Jalur (sampan panjang) Rayon I di Tepian Lubuok Sobae, Kuantan Hilir Seberang, acara di ikuti sebanyak 72 peserta dari berbagai kecamatan.

"Ini aset daerah yang harus selalu dilestarikan, semua pihak harus mendukung, " Kata Bupati Kuantan Singingi Mursini di Teluk Kuantan, Jumat.

Bupati mengatakan, ribuan masyarakat Kuansing menyaksikan acara festival, dengan dibukanya Pacu Jalur Rayon (PJR) I tersebut, pertanda genderang lomba sebagai Tradisi Budaya (TB) di Negeri Kuantan Singingi telah dimulai.

Sebagai Kepala Daerah Kuansing, Mursini sangat mengapresiasi kesuksesan Panitia Pacu Jalur Rayon I, yang telah menyiapkan acara sejak dari awal, sehingga membuat Tepian Lubuok Sobae, Kuantan Hilir Seberang ini penuh sesak oleh penonton. "Saya berharap semua berlomba dengan sportif," ujarnya.

Menurutnya, pacu jalur tidak saja mengandung unsur olahraga semata, tetapi juga merupakan produk budaya dan karya seni masyarakat, yang memiliki serta mengandung makna tersendiri baik meliputi aspek seni ukir, seni tari, artistik lainnya.

Pacu jalur ini juga mengandung makna filosofi gotong royong, musyawarah dan mufakat, serta rasa persatuan dan kesatuan yang telah diwujudkan dalam langkah perbuatan, sifat dan sikap setiap insan di negeri ini.

"Berlomba sampan merupakan kebagaan bersama, saya mengajak masyarakat untuk menjadi tuan rumah yang baik," tegas Mursini.

Acara tahunan ini untuk peningkatan perekonomian masyarakat selama berlangsung pacu jalur, sehingga tidak heranpuluhan bahkan ratusan pedagang dadakan bermuculan, perputaran ekonomi terlihat sangat meningkat.

Bupati juga meminta agar masyarakat ikut membantu petugas keamanan, untuk menjaga kondusifvtas selama pegelaran pacu jalur berlangsung, kenyamanan penonton, atlet harus menjadi perhatian serius.

"Saya berpesan kepada semua pihak agar tidak membuang sampah di Sungai Kuantan," tegasnya.

Hal ini agar Sungai Kuantan tidak tercemar dengan plastik dan lainnya yang justru bisa berdampak tidak baik salah satu pencemaran lingkungan.

Camat Kuantan Hilir Seberang, Akhyan Armofis mengucapkan selamat datang Bupati Kuansing Mursini berserta rombongan dan menyebutkan, bahwa Pacu Jalur Rayon I ini merupakan ajang silaturahmi masyarakat di daerah.

"Kuantan Hilir Seberang baru dua kali menyelenggarakan pacu rayon, jadi kalau ada kekurangan kami selaku panitia dan masyarakat,"ucapnya.

Pacu Jalur Rayon I ini, diikuti sebanyak 72 Jalur yang berasal dari berbagai kecamatan yang memperebutkan Piala Bergilir Bupati Kuantan Singingidan uang jutaan rupiah.

Pewarta :
Editor: Riski Maruto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar