Diplomat senior Uni Eropa dukung kesepakatan nuklir Iran dan kekuatan dunia

id Berita hari ini, berita riau terkini, berita riau antara

Menteri Luar Negeri Iran Mohammad Javad Zarif (kanan) berbicara di samping Elmar Brok (kiri), Ketua Komite Parlemen Eropa untuk Urusan Luar Negeri, di Parlemen Uni Eropa di Brussels, Belgia, Selasa (16/2). (REUTERS/Francois Lenoir)

Brussels (ANTARA) - Diplomat paling senior kedua Uni Eropa menegaskan dukungan blok tersebut terhadap kesepakatan nuklir antara Iran dan kekuatan dunia, termasuk melalui penggunaan sistem pembayaran baru dalam perdagangan berbasis barter, yang dirancang untuk menghindari sanksi AS.

Sekretaris Jenderal Badan Kebijakan Luar Negeri Uni Eropa, Helga Schmid, pekan lalu bertolak ke Teheran. Ia turut membantu perundingan kesepakatan nuklir 2015.

Baca juga: Diplomat senior AS peringatkan Iran mengenai peluncuran ke antariksa

Keadaannya menjadi genting sejak Presiden Donald Trump menarik Amerika Serikat dari kesepakatan tersebut tahun lalu dan memperketat rezim sanksinya terhadap Teheran.

Badan Kebijakan Luar Negeri Uni Eropa mengatakan bahwa di Teheran, Schmid kembali menegaskan komitmen blok tersebut terhadap kesepakatan nuklir, yang telah mewujudkan tujuan utamanya ... untuk memastikan bahwa Iran tidak memperoleh pasokan bahan atau pun peralatan untuk mengembangkan senjata nuklir."

Schmid juga membahas "sejumlah upaya Uni Eropa ... untuk memungkinkan kelanjutan perdagangan yang sah dengan Iran," termasuk upaya untuk mengoperasaikan alur pembayaran Instex yang dipelopori oleh Prancis, Inggris dan Jerman guna memfasilitasi perdagangan nondolar.

Baca juga: Perancis Batasi Perjalanan Para Diplomat Dan Pejabatnya Ke Iran

Baca juga: Amerika Serikat Menarik Diplomat Dari Basra, Irak Karena Ada Ancaman Dari Iran


Sumber: Reuters

Penerjemah: Asri Mayang Sari
Pewarta :
Editor: Vienty Kumala
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar