Pleno KPU Pekanbaru kembali molor. Ini alasannya

id Pleno

Pleno KPU Pekanbaru kembali molor. Ini alasannya

Proses pleno perolehan suara pemilu di PPK Kecamatan Payung Sekaki, berlangsung alot dan baru tuntas kemaren dan akan lanjut ke tingkat Pekanbaru hari ini. (Antarariau/Vera Lusiana/19)

Pekanbaru (ANTARA) - Pleno perolehan suara Pemilu 2019, secara keseluruhan 12 kecamatan di Kota Pekanbaru oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat diperkirakan molor dari jadwal yang sudah diagendakan pada 4-7 Mei 2019 karena terganjal pleno di Kecamatan Tampan yang belum rampung.

"Sampai saat ini pleno Kecamatan Tampan masih jalan dan belum siap," kata Ketua KPU Pekanbaru, Anton Merciyanto kepada ANTARA di Pekanbaru, Selasa.

Anton ragu kalau Kecamatan Tampan akan masuk pada jadwal pleno KPU Pekanbaru hingga pukul 00.00 WIB hari ini. Pasalnya saat ini ada dua kecamatan lagi yang masih akan diplenokan yakni Kecamatan Payung Sekaki dan Kecamatan Tenayan Raya.

"Kita sulit untuk memprediksi apakah tuntas sesuai jadwal, kalau lancar-lancar saja maka malam ini kita bisa lanjutkan semua kecamatan," katanya.

"Diperkirakan kami akan pleno keseluruhan di atas pukul 23.00 WIB, karena rencanahari ini Payung Sekaki dan Tenayan Raya," imbuhnya.

Ditanya penyebab molornya pleno PPK Kecamatan Tampan, Anton tidak berani memberikan komentar.

Sementara itu Anggota Pengawas Kecamatan (Panwascam) Payung Sekaki, Fahrul Rozi, menyatakan proses pleno sudah selesai kemarin, namun untuk administrasi perlu waktu untuk penandatanganan berkas.

Menurutnya, hal ini dikarenakan 238 Tempat Pemungutan Suara dengan menghitung lima lembar surat suara yang membikin lama. "Selain banyak juga data C1 tak sinkron dan kurang teliti, sehingga harus buka C plano bahkan menghitung ulang surat suara," tambah Arul.

Perlu diketahui pleno terbuka perolehan suara Pemilu Presiden dan Wakil Presiden serta Caleg 2019, tingkat Pekanbaru sudah dimulai 4 Mei lalu dan berakhir 7 Mei. Pleno tersebut dilaksanakan bertahap karena ada beberapa kecamatan yang belum selesai pleno di tingkat PPK.

Hari pertama KPU Pekanbaru hanya memplenokan tujuh kecamatan dari 12 yang ada. Lalu menyusul hari berikutnya dua kecamatan, dan kini hari terakhir tersisa tiga lagi.

KPU berencana akan kerja lembur untuk menuntaskan keseluruhan pleno 12 kecamatan di Kota Pekanbaru agar tidak molor dari jadwal.