Alamak, 8 petugas KPPS dan TPS daerah ini meninggal saat tugas Pemilu

id petugas KPPS,petugas tps meninggal,kpu jawa tengah,pemilu 2019,pilpres 2019,berita riau terbaru,berita riau antara

Alamak, 8 petugas KPPS dan TPS daerah ini meninggal saat tugas Pemilu

Dokumentasi petugas KPPS dibawa ke rumah sakit. Foto menunjukkan yang terjadi di Tasikmalaya, Jawa Barat. (Dokumen KPU Kabupaten Tasikmalaya)

Semarang (ANTARA) - KPU Provinsi Jawa Tengah menyebut ada delapan petugas kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS) dan petugas diTPSyang meninggal dunia saat menjalankan serangkaian tugas saat Pemilu 2019.

"Berdasarkan laporan yang kami terima, ada delapan petugas KPPS dan TPS yang meninggal dunia diduga karena kelelahan menjalankan tugas," kata anggotaKPU Jawa Tengah,Paulus Widiyantoro,di Semarang, Sabtu.

Ia menjelaskan delapan petugas KPPS dan TPSmeninggal itu terjadi di Kabupaten Demak, Banyumas, Sukoharjo, Banjarnegara, dan Rembang.

"Beban kerja mereka luar biasa besar, mulai dari menyiapkan TPS pada Selasa (16/4) hingga harus sudah menjalankan tugas pada Rabu (17/4) pagi," ujarnya.

Baca juga: Waduh, Ketua KPPS di Pekanbaru terserang stroke saat tugas Pemilu

Ia memerinci identitas kedelapan petugas KPPS dan TPS yang meninggal dunia yaitu Sugiharjo, petugas KPPS Desa Pingit Lor, Kecamatan Pandanarum, Kabupaten Banjarnegara, Subagyo, anggota KPPS di Kabupaten Demak, dan Suharto, petugas ketertiban TPS 17, Kelurahan Tegalgede, Kabupaten Karanganyar.

Kemudian, Pirno anggota Linmas di Kabupaten Pemalang, Slamet Mulyono petugas keamanan TPS 11 Kelurahan Proyonangan Selatan, Kabupaten Batang, Sopiah petugas KPPS 09 Banjarsari Kidul, Sokaraja, Kabupaten Banyumas, Yuli Anisah, petugas TPS 10 Wirun Mojolaban, Kabupaten Sukoharjo, serta Nurul Hidayati anggota KPPS Desa Landoh, TPS 7, Kabupaten Rembang.

"Yang kecelakaan kemudian meninggal itu diduga akibat kelelahan sehingga hilang konsentrasi saat mengemudi," katanya.

Selain delapan orang tersebut, KPU Jawa Tengah juga mencatat ada tujuh petugas TPS yang kelelahan dan harus dirawat di rumah sakit, bahkan tiga orang di antaranya keguguran yaitu di Kabupaten Klaten atas nama Wiwid Wijayanti yang merupakan anggota PPK Jatinom yang sedang mengandung, kemudian di Kabupaten Kebumen ada dua anggota KPPS yang keguguran yaitu Umi Rojanah dan Siti Mungawanah.

"Tujuh orang ada yang jatuh di TPS saat proses sampai patah tulang tangan, yang pingsan sampai berapa jam juga ada, ada yang keguguran, yang stroke ada, yang di rawat di ICU sampai hari ini juga ada," bebernya.

Terkait dengan hal itu, KPU Jawa Tengah berencana memberikan santunan kepada para petugas penyelenggara pemilu yang meninggal dunia atau sakit itu.

Baca juga: Libur Pemilu dan Paskah, penumpang Bandara Pekanbaru turun 35,35 persen

Baca juga: Bawaslu Riau minta PSU dan PSL dilakukan secara transparan