Gubernur Riau minta bupati/walikota sukseskan pemilu serentak 2019

id Berita hari ini, berita riau terkini, berita riau antara, Pemilu 2019, Pilpres 2019, gubernur riau

Gubernur Riau minta bupati/walikota sukseskan pemilu serentak 2019

Gubernur Riau Syamsuar (ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso)

Pekanbaru (ANTARA) - Gubernur Riau, Syamsuar meminta seluruh bupati/walikota di wilayah setempat agar menyukseskan penyelenggaraan Pemilihan Umum serentak 17 April 2019, guna menciptakan pesta demokrasi yang aman dan damai.

"Saya menghimbau kepada pemerintah kabupaten/kota untuk dapat berkoordinasi dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil dalam rangka membantu KPU memroses pendataan pemilih," kata Syamsuar kepada wartawan di Pekanbaru, Rabu.

Syamsuar berharap rapat koordinasi persiapan Pemilu yang sudah dilakukan antara Ketua KPU Riau, Kapolda Riau, Danrem 031 Wirabima, DPRD, bupati/walikota se Riau dan sebagainya, mampu membulatkan tekat sukseskan pemilu.

Baca juga: Vidio - Gubernur Riau harap Jembatan Siak IV tidak jadi lokasi pacaran

Tujuannya jelas untuk getahui seperti apa kesiapan pengamanan menjelang hari pemungutan suara. Selain juga membahas perkembangan situasi terkini dari masing-masing satker dalam menghadapi pemilu serentak.

Semua itu sebut Syamsuar butuh komitment untuk menjalankan. Karenanya ia kembali mengingatkan dukungan bupati/walikota di wilayah masing-masing dibutuhkan demi suksesnya Pileg dan Pilpres 2019.

Salah satunya terkait validasi data pemilih yang sudah atau belum ada dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT).

"Sehingga menghasilkan rekap yang valid serta sinergi guna menyukseskan penyelenggaraan pemilu serentak 2019 yang tinggal 28 hari lagi," kata Syamsuar.

Sementara itu Ketua KPU Riau Ilham M. Yasir menyampaikan perkembangan tahapan Pemilu, mulai dari pemuktahiran Daftar Pemilih Tambahan, pelaksanaan kampanye dan sosialisasi sampai kebutuhan dan pendistribusian logistik sejauh ini terkendali tanpa kendala berarti.

"Surat suara yang rusak langsung dilakukan penggantian oleh percetakan, " ujar Ilham menambahkan.

Berdasarkan data KPU Riau yang berhasil dirangkum antara Daftar Pemilih Tetap (DPT) Hasil Perbaikan Pemilu 2019 setempat, ditetapkan sebanyak 3.863.197 pemilih.

DPT terbanyak pertama di Kota Pekanbaru yakni 503.213 pemilih, kedua di Kampar 475.435 pemilih, ketiga di Indragiri Hilir 465.257 pemilih. Sedangkan paling sedikit ada di Kepulauan Meranti hanya 143.579 pemilih.

Baca juga: Gubernur Riau minta lahan bekas karhutla ditanami kopi

Baca juga: Gubernur Riau kirim masker-obat ke Rupat antisipasi karhulta