Pertamina Dumai periksa kesehatan warga terdampak jerebu

id pertamina dumai,pertamina ru ii dumai

Pertamina Dumai periksa kesehatan warga terdampak jerebu

Suasana pemeriksaan kesehatan. (dok Antarariau/19)

Dumai (ANTARA) - Dumai, (Antaranews Riau) - Pemeriksaan kesehatan gratis rutin diadakan Pertamina RU II di Kelurahan Tanjung Palas, Kota Dumai, menyasar warga terdampak jerebu (asap) kebakaran hutan dan lahan, sekaligus memberi tips menjaga tubuh tetap sehat.

Unit Manager Komunikasi Relationship dan CSR Pertamina RU II Dumai Didi Andrian Indra Kusuma mengatakan, pemeriksaan kesehatan warga terdampak jerebu karena udara Dumai pada pekan terakhir tercemar.

"Biasanya pemeriksaan kesehatan tekanan darah dan sakit umum yang kita layani, tapi karena Dumai baru mengalami jerebu kebakaran hutan, maka ditambah layanan gangguan kesehatan akibat asap," kata Didi.

Layanan pemeriksaan kesehatan gratis dilaksanakan Pertamina RU II di Kantor Lurah Tanjun Palas itu merupakan kegiatan yang ketiga dan direncanakan rutin dilakukan tiap dua bulan sebagai bentuk kepeduliaan perusahaan.

Dampak asap karhutla yang muncul sejak beberapa pekan ini dirasakan masyarakat bahkan sudah mengganggu kesehatan karena banyak yang menderita batuk dan sesak napas bahkan demam.

Pertamina RU II Dumai juga memberikan masker untuk keluarga berdomisili di lingkungan terdekat operasional Kilang Minyak Putri Tujuh dan siswa di sejumlah sekolah, dengan total 1.500 lembar masker.

Warga yang mendapat layanan pemeriksaan kesehatan juga diberi tips sehat dari tim dokter RS Pertamina Dumai agar bisa menerapkan pola hidup sehat dan tidak mudah terserang penyakit.

Didi juga mengimbau kepada masyarakat agar mengenakan masker bila keluar rumah karena dampak asap membuat warga pusing kepala, serta sakit disebabkan faktor lanjut usia seperti darah tinggi.

"Warga juga bisa berkonsultasi dan mendapatkan kiat menjaga kesehatan dari tim dokter, dan kami mengimbau untuk menggunakan masker apabila berkegiatan di luar rumah," sebutnya.