Dinkes Dumai bagikan 14.000 masker akibat maraknya asap

id masker, kalahut,Dinkes dumai

Dinkes Dumai bagikan 14.000 masker akibat maraknya asap (Antaranews)

Dumai (Antaranews Riau) - Dinas Kesehatan Kota Dumai, Riau, sudah menyebarkan 14 ribu masker ke masyarakat umum dan pelajar sejak kabut asap dampak kebakaran hutan dan lahan mulai menyelimuti daerah ini selama beberapa pekan terakhir.

Kepala Dinas Kesehatan Dumai Faisal di Dumai, Rabu, menyebutkan ribuan masker ini dibagikan pada masyarakat yang melintas di sejumlah jalan umum, dan juga kepada pelajar di sekolah-sekolah.

Pembagian masker juga dilakukan petugas medis Puskesmas Dumai karena sejak kabut asap marak pelayanan medis mulai banyak didatangi masyarakat terganggu kesehatan.

Saat ini persediaan masker telah ditambah dan sudah menerima sebanyak 40 ribu lembar masker dari Dinkes Provinsi Riau untuk mengantisipasi kualitas udara tidak sehat akibat asap.

Baca juga: Udara mulai tercemar, Walkot Dumai imbau penggunaan masker

"Kesehatan masyarakat mulai terganggu akibat kabut asap. Selama ini juga terjadi peningkatan pelayanan di puskesmas, dan persediaan masker saat ini bertambah 40 ribu bantuan dari dinas kesehatan provinsi," sebutnya.

Data Dinkes Dumai mencatat pada 15 Februari 2019 terjadi peningkatan penderita gangguan kesehatan pada tenggorokan dan pernafasan akibat asap yang menjalani rawat jalan di Puskesmas, yaitu sebanyak 231 orang.

Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinkes Dumai Hafidz Permana menyebutkan, pasien rawat jalan ke puskesmas ini sebagian besar penderita gangguan kesehatan pada tenggorokan, amandel dan batuk filek.

"Penderita dilayani di puskesmas terbanyak radang tenggorokan amandel dan flu, dan kita mengimbau agar di luar ruangan memakai masker supaya tidak terdampak buruk kabut asap," kata Hafidz.

Baca juga: Pemprov Jatim Siapkan 850 Ribu Masker Untuk Pengungsi Gunung Agung

Baca juga: Masker Kulit Jadi Rahasia Kecantikan Yoona SNSD


Pewarta :
Editor: Vienty Kumala
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar