Korem 031/WB Gelar Latihan Pengamanan Pemilu 2019

id Korem 031/WB,TNI,Pengamanan Pemilu 2019

Korem 031/WB Gelar Latihan Pengamanan Pemilu 2019

Penutupan latihan pengamanan untuk Pemilu 2019 di Makorem 031/WB di Pekanbaru, Jumat (8/2/2019). (foto dok. Korem 031/WB)



Pekanbaru (Antaranews Riau) - Korem 031/WB menggelar latihan pengamanan untuk Pemilu 2019 yang melibatkan unsur TNI dan Polri di Kota Pekanbaru, Provinsi Riau.

Danrem 031/WB, Brigjen TNI Mohammad Fadjar MPICT di Pekanbaru, Jumat, mengatakan, latihan tersebut digelar selama tiga hari sejak tanggal 6 Februari 2019. Ia mengapresiasi penyelenggara dan peserta latihan yang telah menyelesaikan seluruh tahapan dengan baik.

"Pemilu 2019 memiliki kompleksitas kerawanan dan karakteristik yang khas. Karena untuk pertama kalinya Pileg dan Pilpres akan dilaksanakan secara bersamaan," ujar Brigjen TNI Mohammad Fadjar pada penutupan latihan pengamanan Pemilu 2019 di halaman Makorem 031/WB.

Baca juga: Pilpres - Kapolres Menggelar Pemeriksaan Sarana Pengamanan Pemilu

Ia mengatakan perlu dilakukan persiapan semaksimal mungkin untuk mengamankan pesta demokrasi tersebut, sesuai tahapan Pemilu yang sudah diatur dalam Undang Undang.

"Sehingga dapat menghasilkan Pemilu yang berkualitas, demokratis serta mendapat legitimasi dari masyarakat. Inilah pentingnya persiapan yang matang dan koordinasi lintas sektoral yang baik," katanya.

Menurut dia, keberhasilan penyelenggaraan Pemilu bukan hanya menjadi tanggung jawab satu pihak saja, tapi seluruh pemangku kebijakan.

"Saya berharap dengan selesainya latihan ini, hendaknya dapat dicontoh dan dilaksanakan oleh masing-masing kabupaten/kota di Riau," tegasnya.

Baca juga: TNI Dampingi Petani Rohul Menuju Swasembada Pangan

Pada kesempatan itu Brigjen TNI Mohammad Fadjar juga mengingatkan netralitas TNI dan Polri. Ia meminta TNI dan Polri menghindari hal-hal yang dapat menciderai demokrasi dalam penyelenggaraan Pemilu.

"Mari perkuat soliditas dan sinergitan TNI Polri dan Pemerintah guna mewujudkan Pemilu 2019 yang tertib, aman, lancar dan damai. Kita jalankan pengamanan sesuai dengan tugas pokok masing-masing," katanya.

Baca juga: Cek pengamanan Pemilu 2019, Dir Reskrimsus Polda Riau ke Inhil