Pilpres - Kapolres Menggelar Pemeriksaan Sarana Pengamanan Pemilu

id pilpres, - kapolres, menggelar pemeriksaan, sarana pengamanan pemilu

 Pilpres - Kapolres Menggelar Pemeriksaan Sarana Pengamanan Pemilu

Rengat, (Antarariau.com) - Kepolisian Resort Kabupaten Indragiri Hulu, Provinsi Riau, menggelar pemeriksaan sejumlah sarana dan prasarana pengamanan Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2014 di Halaman Mapolres setempat.

"Apel tersebut melakukan pemeriksaan sejumlah fasilitas yang akan digunakan untuk pengamanan Pilpres, misalnya 11 kendaraan roda empat yang digunakan Kapolsek di wilayah Inhu, 80 unit kendaraan roda dua, tiga unit dum truck, satu bus, 13 mobil dinas kepolisian dan enam mobil dinas pemerintah daerah," kata Kepala Kepolisian Resort Kabupaten Indragiri Hulu, AKBP Aris Prasetyo Indaryanto di Rengat, Senin.

Ia mengatakan, selain pemeriksaan kendaraan roda empat dan roda dua juga kroscek terhadap persenjataan yang akan digunakan untuk pengamanan Pilpres agar benar- benar memenuhi standar pengamanan sehingga Pilpres 9 Juli 2014 berjalan aman dan sukses.

Dari hasil pemeriksaan serta kroscek yang lakukan semua fasilitas pendukung pengamanan dalam kondisi baik dan bisa digunakan sehingga dapat membantu personil yang ikut menjaga berlangsungnya Pemilu tersebut.

"Pemeriksaan ini sengaja dilaksanakan sebagai persiapan akhir menjelang keberangkatan personil Polri untuk melakukan pengamanan di TPS," ujarnya.

Menurut dia, untuk pengamanan Pilpres 2014 pihak Polres setempat sudah mempersiapkan dua pertiga kekuatan ditambah 30 personil dari Brimob Polda Riau, bahkan pada hari pelaksanaan pemilihan 9 Juli 2014 mendatang juga akan mendapatkan tambahan pengamanan dari Polda Riau sebanyak 61 personil.

"Untuk pengamanan TPS telah menyiapkan tiga pola pengamanan yakni pola aman, pola rawan I dan pola rawan 2. Untuk pola aman dengan mensiagakan sebanyak dua polisi dibantu 10 orang Linmas untuk lima TPS," ucapnya.

Sementara untuk pola rawan I, disiapkan sebanyak dua polisi dibantu 4 Linmas untuk dua TPS dan pola rawan II disiapkan dua polisi dibantu Linmas dua orang untuk satu TPS, pada umumnya berada dalam kota dan sebagian di kecamatan dan untuk rawan I berada di daerah perbatasan atau sulit dijangkau dan rawan II khusus untuk Rutan dan Rumah Sakit.