Menentang Pendudukan Israel, Rakyat Gaza Gelar Protes Jumat Ke-43

id Jalur Gaza, Israel, Pendudukan Israel,Palestina,Rakyat Gaza Gelar Protes Jumat Ke-43

Menentang Pendudukan Israel, Rakyat Gaza Gelar Protes Jumat Ke-43

Seorang warga Palestina kembali tewas dan puluhan lainnya terluka ketika pasukan Israel melepaskan tembakan di tengah aksi protes di Gaza. (REUTERS/Ibraheem Abu Mustafa)

Kota Gaza, Palestina,(Antaranews Riau) - Untuk Jumat ke-43 berturut-turut, rakyat Palestina berkumpul di sepanjang zona penyangga Jalur Gaza-Israel untuk ikut dalam demonstrasi yang berlangsung guna menentang pendudukan Israel selama beberapa dasawarsa.

Lembaga Nasional Jalur Gaza bagi Penerobosan Blokade telah mendesak rakyat Jalur Gaza agar ikut dalam pertemuan terbuka tersebut. Mereka menyelenggarakan demonstrasi pada Jumat sambil memegang spanduk yang beruliskan "Persatuan adalah kunci kemenangan".

Hazem Qasim, Juru Bicara HAMAS --yang telah memerintah Jalur Gaza sejak 2007, sebagaimana dilaporkan Kantor Berita Turki, Anadolu --yang dipantau Antara di Jakarta, Sabtu pagi, mengatakan protes yang berlangsung "mempertegas komitmen rakyat kita di jalur perjuangan sampai sasaran kita tercapai".

Demonstran itu digelar untuk menuntut hak pengungsi Palestina untuk pulang ke desa dan rumah mereka di Palestina, yang bersejarah, tempat mereka diusir pada 1948, untuk membuka jalan buat berdirinya negara baru Israel.

Mereka juga menuntut diakhirinya blokade 12-tahun Israel atas Jalur Gaza, yang mencabik ekonomi daerah kantung pantai itu dan melucuti banyak komoditas dasar untuk sebanyak dua juta warganya.

Sejak protes itu digelas pada Maret tahun lalu, lebih dari 250 orang Palestina telah tewas --dan ribuan orang lagi cedera-- oleh tentara Israel yang ditempatkan di dekat zona penyangga.
Pewarta :
Editor: Vienty Kumala
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar