PDAM Dumai Target Gaet 4.000 Pelanggan Baru, Ini Tawarannya

id dumai, air minum,proyek air,PDAM dumai

ilustrasi air bersih dan layanan PDAM. (pixabay)

Dumai (Antaranews Riau) - Perusahaan Daerah Air Minum Kota Dumai targetkan penambahan jumlah pelanggan 4 ribuan sambungan rumah hingga akhir 2019 melalui sejumlah program pengembangan air minum.

Direktur Utama PDAM Tirta Dumai Berseri Kota Dumai Agus Adnan mengatakan, kondisi perusda saat ini dalam keadaan tidak baik, namun terus diupayakan melayani kebutuhan air bersih di beberapa kelurahan dan kecamatan.

“Sekarang ini kita belum bisa menambah pelanggan baru, karena air bersih dihasilkan jumlah kecil, namun akhir 2019 diusahakan menjaring pelanggan baru sekitar empat ribuan sambungan rumah," kata Agus pada pers, Kamis.

Baca juga: Tingkatkan Kualitas PDAM, BPSPAM Akan Dampingi Pengelolaan Air Minum di Dumai

Disebutkan, target tambahan ribuan sambungan rumah ini akan diraih dengan realisasi program kerjasama pemerintah badan usaha sistem penyediaan air minum dan bantuan bank dunia. Meski PDAM kondisi sakit, namun minat masyarakat Dumai cukup tinggi, dibuktikan dengan jumlah pelanggan masuk daftar tunggu sudah mencapai seribuan, dan secara bertahap akan dilakukan peningkatan kapasitas air bersih.

Sedangkan tarif dipasang, lanjutnya, disesuaikan peraturan wali kota sebesar Rp6.500 hingga Rp8.000 perkubik, dan saat ini PDAM Tirta Dumai Berseri melayani 650 sambungan rumah.

"Bahan baku air diambil dari sungai masjid dengan kapasitas hasil pengolahan sebanyak delapan liter perdetik dari pagi hingga siang hari, dan tarif dikenakan sesuai perwako dibuat," sebutnya.

Sementara, Kepala Bidang Cipta Karya Dinas PUPR Dumai Riau Satria menyebut, penyempurnaan dan pembenahan pipa distribusi butuh pembiayaan cukup besar dengan estimasi sekitar Rp57 miliar, dan dicari solusi agar tidak memberatkan keuangan daerah.

"Solusi diambil pemerintah ialah pembiayaan perbaikan pipa distribusi dengan investasi badan usaha atau KPBU untuk pembangunan berbagai infrastruktur dan jaringan pipa air minum," kata Riau.

Baca juga: Persiapan SPAM Durolis Di Dumai Sudah Berjalan 77 Persen

Baca juga: Sebelum Tender SPAM Durolis, Pemko Dumai Deteksi Potensi Kerusakan Jaringan Pipa lama
Pewarta :
Editor: Febrianto Budi Anggoro
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar