Masa jabatan Gubernur Riau akan habis, Wan Thamrin: Saya tidak tinggalkan utang

id gubernur riau,wan thamrin hasyim,pekanbaru

Masa jabatan Gubernur Riau akan habis, Wan Thamrin: Saya tidak tinggalkan utang

Gubernur Riau Wan Thamrin Hasyim (AntaraNews/FB Anggoro/18)

Pekanbaru (Antaranews Riau) - Wan Thamrin Hasyim menyatakan lega akan mengakhiri masa jabatan sebagai Gubernur Riau pada Februari 2019 dengan kesan baik, dan tanpa meninggalkan utang pembangunan bagi masyarakat "bumi lancang kuning".

"Insha Allah tidak ada beban bagi saya pribadi. Negeri (Riau) ini tak ada utang sama sekali," kata Wan Thamrin Hasyim kepada Antara disela acara refleksi akhir tahun 2018, di Balai Serindit Gubernur Riau, Pekanbaru, Senin malam (31/12/2018).

Hal itu disampaikan Wan Thamrin terkaitadanya kepastian tentang solusi bagi defisit Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2018, karena tunda bayar dana bagi hasil minyak dan gas sekitar Rp1,8 triliun. Wan Thamrin menyatakan, pada akhir Desember 2018 sudah mendapat kepastian bahwa dana bagi hasil tersebut sudah dibayarkan oleh pemerintah pusat.

Baca juga: Riau tidak rayakan malam Tahun Baru 2019 dengan hura-hura

Baca juga: Gubernur Riau isi malam tahun baru 2019 dengan zikir bersama


Dana tersebut langsung disalurkan kepada pemerintah kabupaten/kota dan untuk pembiayaan pembangunan strategis. Proyek tersebut diantaranya adalah pembangunan Jembatan Siak IV, jalan layang (flyover) di simpang empat Jl. Tuanku Tambussai, dan flyover simpang Pasar Arengka.

Ia mengatakan pencapaian itu membuat dirinya lega saat akan mengakhiri masa jabatan sebagai Gubernur Riau pada Februari 2019. Wan Thamrin tidak sampai setahun menjabat gubernur karena menggantikan Arsyadjuliandi (Andi) Rachman yang mundur karena menjadi calon legislatif untuk Pileg 2019.

Gubernur Riau selanjutnya adalah Syamsuar, yang akan dilantik pada Februari tahun depan.

"Kita ingin bersama agar Syamsuar melenggang manis memimpin Riau di masa-masa akan datang," kata Wan Thamrin Hasyim.

Baca juga: Gubernur Riau Sahkan UMP 2019 Rp2,66 Juta

Baca juga: Gubernur Riau diminta tegur 10 pejabat dukung Jokowi