Gubernur Riau Dijadwalkan Lantik Bupati Indragiri Hulu

id gubernur riau, dijadwalkan lantik, bupati indragiri hulu

Pekanbaru, 2/8 (ANTARA) - Gubernur Riau Rusli Zainal dijadwalkan melantik pasangan bupati/wakil bupati Kabupaten Indragiri Hulu terpilih Yopie Arianto-Harman Harmaini masa bakti 2010-2015 pada Selasa (3/8).

"Gubernur Riau atas nama Menteri Dalam Negeri dijadwalkan besok melantik pasangan bupati/wakil bupati terpilih Indragiri Hulu di Rengat, ibu kota Kabupaten Indragiri Hulu," ujar Kepala Biro Humas Setda Provinsi Riau, Rizka Utama Nasution, di Pekanbaru, Senin.

Menurutnya, pelantikan Yopie yang disebut-sebut sebagai bupati pemegang rekor dengan usia termuda di Indonesia karena baru genap berumur 30 tahun bakal dilakukan secara sederhana lewat sidang paripurna istimewa DPRD Kabupaten Indragiri Hulu.

Pasangan itu terpilih menjadi bupati/wakil bupati Indragiri Hulu setelah mampu meraih mayoritas suara dalam pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak Riau yang digelar bersamaan dengan tiga daerah lain yakni Kabupaten Kepulauan Meranti, Kabupaten Bengkalis dan Kota Dumai pada 3 Juni 2010.

Sidang pleno rekapitulasi perhitungan suara Komisi Pemilihan Umum Indragiri Hulu menetapkan pasangan Yopie Arianto-Harman Harmaini yang diusung Partai Golkar memperoleh 53.791 suara atau 36,50 persen dari suara sah mengalahkan pasangan incumbent (pejabat kini) Mujtahid Thalib-Marjohan Yusuf yang meraih 36.014 suara atau 24,44%.

Pemerintah Provinsi Riau berharap dengan dilantiknya pasangan bupati/wakil bupati pilihan masyarakat Kabupaten Indragiri Hulu itu mampu memberikan kontribusi yang positif bagi masyarakat terutama pembangunan infrastruktur di pedesaan.

"Sebagai wakil pemerintah pusat di daerah, kita berharap pasangan bupati bisa merealisasikan janjinya sesuai dengan visi dan misi yang mereka sampaikan ketika berkampanye merebut hati para pemilih di daerah penghasil bahan baku minyak sawit itu," ujar Rizka.

Ketika berkampanye, pasangan Yopie Arianto-Harman Harmaini memaparkan visi dan misinya mengenai perbaikan dan pembangunan infrastruktur, kesejahteraan masyarakat, kedisiplinan PNS, peningkatan pelayanan publik, serta di bidang infrastruktur pendidikan dan kesehatan.

Menurutnya, untuk mewujudkan janji kampanye itu tidak bisa direalisasikan dalam waktu yang singkat dan sedikitnya dibutuhkan waktu dua atau tiga tahun terutama infrastruktur masyarakat yang tinggal di daerah pedalaman Indragiri Hulu.

"Saya sadar selama ini banyak mereka yang tidak bisa mengangkut hasil bumi seperti karet karena jalan yang tak bisa dilalui terutama ketika hujan, karena itu saya segera membenahi. Minimal melakukan pengerasan jalan dan saya berkomitmen membangun Indragiri Hulu menjadi lebih baik," ujar Yopie.