Sungai Mandau Wakili Siak Dalam pemilihan Kecamatan Terbaik 2018

id sungai mandau, wakili siak, dalam pemilihan, kecamatan terbaik 2018

Sungai Mandau Wakili Siak Dalam pemilihan Kecamatan Terbaik 2018

Ilustrasi

Siak,(Antarariau.com) - Kecamatan Sungai Mandau mewakili Kabupaten Siak dalam pemilihan kecamatan terbaik 2018 tingkat Provinsi Riau dalam penyelenggaraan Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (Paten).

Camat Sungai Mandau Novendra Kasmara menyebutkan, meskipun sebagian besar wilayah administrasinya berada dalam zona Hutan Tanaman Industri (HTI) dan cagar biosfer. Namun, tidak menghalangi Kecamatan Sungai Mandau untuk berinovasi dan bersaing menjadi kecamatan terbaik.

"Sungai Mandau memiliki pelayanan 'PATEN On The Road' sebagai solusi dari kendala yang dialami masyarakat dengan jarak desa ke ibukota kecamatan, ditambah lagi kendala jaringan internet untuk pengurusan administrasi dan perizinan daring," ujar Camat Sungai Mandau Novendra Kasmara di Siak, Senin.

Dengan berbagai kendala yang dihadapi masyarakat dalam pengurusan administrasi dan perizinan daring, mengharuskan pemerintah Kecamatan Sungai Mandau datang langsung ke ceruk- ceruk kampung yang ada di Kecamatan Sungai Mandau sebagai solusinya.

Selain inovasi dalam penyelenggaraan Paten, Kecamatan Sungai Mandau juga sukses mengembangkan budidaya ternak sapi melalui Sistem Integrasi Ternak Sapi dan Kelapa Sawit (SISKA), serta pemanfaatan Taman Teknologi Pertanian (TTP).

"Sebelumnya kami juga terpilih sebagai kecamatan terbaik di Kabupaten Siak untuk tahun 2018. Visi Pemerintah Kecamatan Sungai Mandau adalah mewujudkan pelayanan publik yang prima dan meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pembangunan," sebut dia lagi.

Dia menyebutkan, saat ini ada 13 perizinan yang dilayani dalam "Paten On The Road", namun seiring diberlakukannya layanan Online Single Submission (OSS), kedepannya akan mengerucut menjadi tiga perizinan.

Asisten I Sekdakab Siak, Budhi Yuwono mengatakan, terkait inovasi "Paten On The Road" fungsinya untuk memperpendek rentang jarak dan birokrasi pelayanan dan perizinan dengan masyarakat.

"Tak hanya PATEN On The Road, kami juga bangga punya Taman Teknologi Pertanian (TTP) satu-satunya di Riau. Nanti suplai benih unggul padi di Kabupaten Siak dan Provinsi Riau akan dipenuhi dari Sungai Mandau. Ekonomi masyarakat juga ditopang dengan adanya Sistem Integrasi Ternak dan Kelapa Sawit. Sementara untuk pembangunan spiritual generasi muda, kita siapkan program tahfidz on weekend," terang Budhi Yuwono.