Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir Memberikan Apresiasi Atas Hiburan Rakyat "Rohil Bersenandung"

id pemerintah kabupaten, rokan hilir, memberikan apresiasi, atas hiburan, rakyat rohil bersenandung

Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir Memberikan Apresiasi Atas Hiburan Rakyat "Rohil Bersenandung"

Antara Foto

Oleh Dedi Dahmudi

Rokan Hilir, (Antarariau.com) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rokan Hilir (Rohil), Provinsi Riau memberikan apresiasi hiburan rakyat "Rohil Bersenandung" yang diselenggarakan oleh Dewan Kesenian Daerah (DKD) setempat dalam rangka memeriahkan hari Jadi Rohil ke-19.

"Semua penampilan pada malam hari ini sangat menakjubkan sekali, sangat luar biasa. Terima kasih kepada DKD Rohil yang sudah bersusah payah memeriahkan acara ini," kata Bupati Rohil Suyatno usai menghadiri hiburan rakyat Rohil Bersenandung, di halaman Kantor Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah setempat, Selasa (2/10) malam.

Bupati tak menyangka sanggar dari berbagai kabupaten/kota di Provinsi Riau maupun diluar Riau serta negara tetangga Malaysia hadir ditengah-tengah masyarakat Rohil khususnya di Bagansiapiapi.

"Sengaja diundang beliau datang jauh-jauh. Saya pikir ini suatu hal yang luar biasa untuk kita sebagai masyarakat Rohil. Insya Allah nanti kedepan saya sudah memberikan petunjuk kepada DKD supaya ini ditingkatkan lagi," ujarnya.

Pemkab, kata Suyatno bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) sangat mendukung langkah-langkah yang dilakukan oleh DKD Rohil.

"Dengan adanya kegiatan ini tentu kita ingin berbelah bagi kebudayaan-kebudayaan, seni tari dan lain sebagainya. Tarian kita kan beda dengan daerah lain, jadi dengan adanya penampilan dari masing-masing daerah kita bisa menyerap daripada kesenian-kesenian atau kebudayaan kita yang malam hari ini sangat menakjubkan sekali," katanya pula.

Bupati berharap kepada masyarakat Rohil untuk senantiasa memberikan rasa hormat dan kebersamaan. Karena menurut dia para tamu dari luar Rohil banyak yang datang ke Bagansiapiapi.

"Dengan adanya tamu kita itu minimal mereka nanti akan membawa oleh-oleh seperti kacang pukul dan lain sebagainya. Tentunya tingkat ekonomi masyarakat pada saat Rohil Bersenandung ini pasti ada perubahanlah dikit," tuturnya.

Sementara Ketua DKD Rohil Suryati mengatakan, konsep Rohil Bersenandung pada intinya menyatukan semua unsur seniman maupun komunitas seni yang ada.

"Biasanya kita adakan se-Rohil, dan sekarang kita sudah memperluas sebagai ikatan silaturahmi dengan mengundang seniman-seniman yang ada di kabupaten/kota di Riau. Kita juga didatangi dari Provinsi Sumatera Barat serta negeri tetangga Malaysia," katanya.

Menurutnya sebuah kebanggaan kehadiran mereka, tapi juga menjadi tantangan bagi DKD kedepan bagaimana untuk membesarkan serta memperluas kegiatan tersebut, sehingga pihaknya bisa lagi mendatangkan negara-negara tetangga seperti Singapura, Thailand dan Brunei Darussalam.

"Jadi ini rencana kami kedepan kalau memang didukung oleh pemerintah daerah (Pemda) setempat. Kami sangat termotivasi sekali atas dukungan Pemda dan kawan-kawan semua bagaimana usaha kita mengembangkan seni budaya yang ada di Rohil serta memasukkan kolaborasi seni-seni dari luar, tapi tidak meninggalkan seni yang ada. Dengan adanya dukungan tersebut tentu kita merasa tertantang untuk lebih maju lagi," jelasnya.

Suryati yang juga anggota DPRD Rohil itu menilai bahwa seni tidak hanya untuk hiburan saja, tapi ia berharap melalui kegiatan itu ada nilai ekonomi atau bisnis.

"Jadi ada hubungan antar dua negara, misal Rohil dan Malaysia. Artinya kita sudah menyatukan dua negara dalam hubungan seni, tapi kedepannya kita bisa menyatukan hubungan-hubungan lain lagi. Inilah diawali dengan hubungan seni kita bisa menjadi entertainer yang sukses, bisa jadi seorang artis yang sukses mungkin. Bisa juga hal-hal lain yang mungkin bisa kita kolaborasikan dan dikembangkan di dalam kehidupan yang lebih baik lagi," demikian Suryati.