Disperindag Kota Pekanbaru Nyatakan Harga Kebutuhan Pokok Turun

id disperindag kota, pekanbaru nyatakan, harga kebutuhan, pokok turun

Disperindag Kota Pekanbaru Nyatakan Harga Kebutuhan Pokok Turun

Ilustrasi

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Dinas Perdagangan dan Perindustrian Pekanbaru mengklaim harga kebutuhan pokoknya seperti beras, ayam ras atau potong, telur, cabai keriting, minyak goreng curah dan beberapa aneka sayuran di pasar setempat mengalami penurunan yang signifikan.

"Harga beras, telur, cabai, terigu, minyak goreng turun mulai dari terendah Rp500-hingga tertinggi Rp8.000 per kilogram," ujar Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Pekanbaru, Ingot Achmad Hutasuhut di Pekanbaru, Selasa.

Menurut Ingot turunnya beberapa kebutuhan pokok ini dikarenakan stok yang berlimpah sementara tidak ada moment yang mendorong peningkatan permintaan. Bahkan daya beli sedikit menurun.

"Masyarakat berbelanja sesuai kebutuhan saja, bahkan cenderung mengencangkan ikat pinggang. Kondisi ekonomi yang belum pulih menyebabkan daya beli rendah. Sementara stok bahan pokok melimpah," katanya.

Ingot menjelaskan berdasarkan survei harga yang dilakukan tiap hari, di Pasar Kodim, Cikpuan, Rumbai, Pagi Arengka, dan lain-lain, harga beras jenis medium asal Palembang merek Belida diperdagangkan turun Rp500 per kilogram dari awalnya diecer Rp12.000 per kilogram kini menjadi Rp11.500 per kilogram.

"Harga beras kualitas medium pekan ini cenderung turun, setelah merek Topi Koki lebih dulu turun hingga diecer sama Rp11.500 pernah kilogram," ulas Ingot.

Selain itu sebut Ingot harga minyak goreng curah pekan ini ikut turun di pasar setempat sebesar Rp1.000 per kilogram dari awalnya Rp11.000 kini diecer menjadi Rp10.000 per kilogra.

Demikian juga dengan aneka cabai, seperti cabai keriting asal Medan kini dipatok turun Rp28.000 per kilogram dari harga sebelumnya 30.000 per kilogram. Sedangkan cabai hijau justru turun lebih banyak Rp8.000 per kilogram dari awalnya Rp28.000 menjadi Rp20.000 per kilogram.

"Cabai rawit juga turun Rp3.000 per kilogram dari sebelumnya Rp48.000 menjadi Rp45.000 per kilogram," tutur Ingot.

"Alhamdulillah kondisi bahan pokok di Kota Pekanbaru mulai turun terutama telur, ayam ras, beras medium dan sebagainya," ujar Ingot

Ia menambahkan kini telur ayam ras turun diperdagangkan pada harga Rp1.400 perbutir, demikian telur ayam kampung menjadi Rp1.500 perbutir. Sedangkan daging ayam potong turun dari Rp20.000 per kilogram menjadi Rp18.000 per kilogram.

Ingot menambahkan, sejauh ini jumlah pasokan bahan pokok di Pekanbaru mencukupi tidak ada kendala distribusi apalagi kelangkaan bahan pokok. Selain juga memang permintaan stabil.

Sementara itu salah seorang ibu rumah tangga Anti (32) warga Durian mengatakan bahwa ia senang harga turun, apalagi ditengah keuangan keluarga yang mulai pas-pasan saat ini.

Ia juga berharap harga-harga ini relatif stabil hingga akhir tahun.

"Karena kita masyarakat tidak punya daya beli sebab anak-anak baru masuk sekolah, tahun ajaran baru butuh biaya besar," tambahnya.