Mahasiswa PCR ini Buat Sepeda Roda Tiga Listrik bagi Penyandang Disabilitas

id mahasiswa pcr, ini buat, sepeda roda, tiga listrik, bagi penyandang disabilitas

Mahasiswa PCR ini Buat Sepeda Roda Tiga Listrik bagi Penyandang Disabilitas

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Mahasiswa Program Studi Teknik Mekatronika Politeknik Caltex Riau (PCR), Yudi Pranata membuat sepeda listrik roda tiga untuk penyandang disabilitas yang diberinya nama "tricycle bike".

"Ide pembuatan sepeda ini dikarenakan melihat masih minimnya peran pemerintah dan masyarakat untuk memberikan sebuah alat transportasi yang fleksibel dan nyaman bagi penyandang disabilitas," kata Yudi di Pekanbaru, Selasa.

Oleh karena itu, ia mengaku menjadi terinspirasi untuk membuat suatu karya tugas akhir kuliah yakni sepeda listrik roda tiga penyadang disabilitas tersebut. Menurutnya kendaraan sepeda listrik roda tiga ini menggunakan "dual system" kendali yakni elektrik dan manual.

"Cara bekerja sistem elektrik yaitu saat pengguna menaiki kendaraan, sensor berat akan mendeteksi adanya beban, apabila beban badan pengguna dibawah beban maksimum, pengguna dapat menjalankan kendaraan ini dengan cara menekan langsung tombol 'push button' sehingga kendaraan akan berjalan," jelasnya.

Ia menambahkan, kendaraan ini memiliki beban pengguna kendaraan maksimum yakni 70 kilogram. Jadi jika melebihi beban, kendaran tidak dapat dioperasikan pada mode elektrik.

"Jika beban pengguna sepeda diatas dari maskimum, ia tidak bisa menggunakan mode elektrik. Namun pengguna masih bisa menggunakan sepeda dengan mode manual dengan mengeluarkan tenaga yang cukup besar," tambahnya.

Diharapkannya alat ini untuk dapat membantu kaum disabilitas khususnya orang-orang yang mengalami cacat kaki. Tentunya guna membantu mereka dalam melakukan aktifitas sehari-hari seperti bepergian dan lainnya.