Sebanyak 182 Calon Haji Dari Dumai Telah Berada Di Padang Arafah

id sebanyak, 182 calon, haji dari, dumai telah, berada di, padang arafah

 Sebanyak 182 Calon Haji Dari Dumai Telah Berada Di Padang Arafah

Istimewa

Dumai, Riau, (Antarariau.com) - Sebanyak 182 calon haji asal Kota Dumai yang tergabung Kelompok Terbang 9 Embarkasi Batam, Provinsi Kepulauan Riau, saat ini sudah berada di Padang Arafah, Arab Saudi untuk bersiap menjalani ibadah wukuf.

Kepala Seksi Urusan Haji Kementerian Agama Kota Dumai Zakaria di Dumai, Senin, mengatakan jamaah mulai bergerak menuju Arafah pada Minggu (19/8) dihantar menggunakan bus ke pemondokan.

"Untuk urusan keberangkatan dan pemondokan di Padang Arafah sudah disiapkan panitia haji negara Arab Saudi dan sekarang jamaah kita mulai bersiap mengikuti wukuf," kata dia.

Dia menjelaskan agar jamaah tidak mengalami kendala saat pelaksanaan wukuf, petugas pembimbing dibekali ulang tentang manasik terkait dengan tata cara dan rukun ibadah puncak haji tersebut.

Para jamaah juga terus diingatkan agar menjaga fisik dengan mengurangi kegiatan selain ibadah di luar ruangan dan cukup meminum air putih karena terjadi peningkatan suhu panas.

"Saat ini jamaah kita berada dalam keadaan sehat walaupun ada badai debu dan angin," sebutnya.

Zakaria mengharapkan keluarga jamaah tidak cemas dan terus berdoa supaya kondisi kesehatan calon haji terjaga dan agar dapat menyelesaikan ibadah wukuf dengan baik dan sempurna.

Panitia Pelaksana Ibadah Haji memastikan seluruh JCH Embarkasi Batam selamat dari terpaan angin ribut disertai hujan pada Minggu waktu setempat.

"Alhamdulillah JCH dalam keadaan aman dan sehat semua," kata Kepala Sub Bidang Informasi dan Humas PPIH Embarkasi Batam Syahbudi.

Ia mengatakan kini JCH sedang berada dalam tenda untuk melaksanakan itikaf, zikir, doa, dan membaca Al Quran.

Peserta haji Dumai dijadwalkan pulang ke Tanah Air pada 6 September 2018 melalui Bandara Hang Nadim Embarkasi Batam, Provinsi Kepulauan Riau dan kembali ke Dumai pada 7 September 2018 lewat Pelabuhan Penumpang Pelindo.