Ribuan Guru SD-SMP Pekanbaru Dilatih Oleh Tanoto Foundation

id ribuan guru, sd-smp pekanbaru, dilatih oleh, tanoto foundation

Ribuan Guru SD-SMP Pekanbaru Dilatih Oleh  Tanoto Foundation

ilustrasi

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Tanoto Foundation menyatakan komitmennya membantu Pemerintah Kota Pekanbaru untuk melatih kemampuan ribuan guru SD/MI dan SMP/MTs di wilayah setempat guna meningkatkan kualitas pendidikan.

"Kita menandatangani MoU dengan Pemerintah Kota Pekanbaru untuk jadi dasar memulai serangkaian pelatihan guru," kata Ketua Yayasan Bhakti Tanoto/Tanoto Foundation Sihol Aritonang pada acara penandatangan MoU Program Pelita Pendidikan di Pekanbaru, Rabu.

Sihol Aritonang menjelaskan tujuan kerjasama itu ingin meningkatkan kualitas guru, kepala sekolah yang diyakini akan menambah prestasi siswa.

Diakui Sihol Tanoto Foundation sudah melakukan pelatihan guru ini sejak 2010. Namun untuk Kota Pekanbaru tahun ini awal mulanya.

"Mulai tahun ini kita ekspansi ke Pekanbaru, setelah sebelumnya ada di Jambi dan Sumut dan akan ada lagi di Jawa Tengah dan Kalimantan Timur," ujarnya.

Sementara itu Direktur Program Pelita Pendidikan Stuart Weston menyatakan alasan Tanoto Foundation memilih jenjang guru SD/MI dan SMP/MTs untuk dilatih dengan alasan guna menanamkan akar dan dasar yang kuat bagi pendidikan.

"Ini bertahap awal SD dan SMP dulu, kemungkinan kedepan bisa ke level SMA," ujar Stuart Weston.

Ia menambahkan dipilihnya jenjang pendidikan dasar ini mengingat pondasi utama pendidikan sebelum tingkat lebih tinggi dan pentingnya menciptakan guru yang baik dan berkualitas.

Menurut Stuart Weston dalam pelatihan guru nantinya pihak Tanoto Foundation akan bermitra dengan para fasilitator daerah yang sudah terlebih dahulu mendapat arahan dalam melatih para guru.

SD dan SMP

Ia menambahkan materi yang dilatihkan kepada para guru nantinya sistem kurikulum 2013 (K-13) yang ditetapkan Kementerian Pendidikan. Dimana menonjolkan proaktif dan kemandirian siswa.

"Pelatihan guru ini nantinya menerapkan pola pengajaran yang mengubah dari terpusat pada guru menjadi kepada siswa, selain juga khusus mata pelajaran," imbuhnya.

Sementara itu Walikota Pekanbaru, Firdaus menyambut baik kerjasama Tanoto Foundation tersebut. Karena keterbatasan daerah untuk menjangkau para guru baik dari segi angaran dan kualitas. Khususnya untuk menerapkan K13.

Maka dari itu untuk membantu Pemko, pihaknya bermitra dengan Tanoto Foundation dalam melatih dan membentuk kualitas guru.

"Guru di Pekanbaru ada sekitar 8.000 lebih, kemampuan Pemko untuk menerapkan K13 hingga 100 persen terbatas. Makanya kita perlu mitra dengan Tanoto Foundation," ujar Firdaus.

"Jadi kalau mau guru berhasil perlu pelatihan ini yang sekarang akan dibantu oleh Tanoto Foundation," pungkas Firdaus.