Legislator Pekanbaru Soroti Masalah Banjir Pasar Bawah

id legislator pekanbaru, soroti masalah, banjir pasar bawah

Legislator Pekanbaru Soroti Masalah Banjir Pasar Bawah

Pekanbaru (Antarariau.com) - Legislator di DPRD Kota Pekanbaru mendesak pemerintah daerah setempat untuk lebih serius dalam menanggulangi masalah banjir salah satunya ialah kawasan Pasar Bawah yang dikenal sebagai ikon pasar wisata.

"Contohnya sudah banyak. Kalau hujan lebat beberapa kawasan di Pekanbaru pasti tergenang. Apalagi yang terjadi kemarin, kawasan Pasar Bawah kebanjiran," ucap Ketua Komisi IV DPRD Pekanbaru Roni Amril, di Pekanbaru, Senin.

Roni menjelaskan bahwa masalah banjir tersebut membutuhkan penanganan serius dari pihak Pemko. Ia mencontohkan untuk kawasan Pasar Bawah yang juga merupakan pasar wisata di daerah tersebut yang kebanjiran akibat tingginya intensitas hujan beberapa waktu lalu. Menurutnya hal ini adalah kondisi yang cukup memprihatinkan mengingat kawasan tersebut cukup terkenal dikalangan masyarakat luar Riau.

Ia menambahkan bahwa banjir yang melanda kawasan tersebut apabila terus dibiarkan akan memberikan citra buruk bagi Pekanbaru. Pasalnya pelancong yang datang ke Pekanbaru sedapat mungkin akan menyempatkan waktu khusus untuk berbelanja kebutuhan oleh-oleh yang akan dibawa nantinya ke daerah asal mereka. Namun apabila kondisi pasar bawah dibiarkan seperti saat ini ditakutkan akan berdampak pada jumlah kunjungan wisatawan tersebut.

"Sekarang gini, kalau jumlah kunjungan wisatawan berkurang, kan yang rugi kita juga," imbuhnya.

Roni berharap agar pihak Pemko memiliki langkah tepat untuk mengatasi masalah yang bersifat insidentil. Salahsatunya ialah soal penanganan banjir tersebut.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Pekanbaru, Ingot Ahmad Hutasuhut menjelaskan bahwa masalah banjir di Pasar Bawah sudah dibahas sejak beberapa waktu lalu dengan pihak pengelola. Salah satunya ialah soal pengembalian fungsi awal bagian "basement" dimana peruntukkannya ialah sebagai lokasi parkir bukan sebagai lokasi berjualan. Selain itu diakuinya kemudian bahwa pihak Pemko sendiri sudah berulang kali mengingatkan pengelola Pasar Bawah untuk memperbaiki masalah sanitasi yang menyebabkan kebanjiran di area tersebut.

Lebih jauh dikatakan Ingot bahwa pihaknya meminta komitmen dari pihak pengelola untuk mengatasi masalah tersebut. Pasalnya apabila dibiarkan tentu hal ini akan sangat merugikan Kota Pekanbaru lantaran pasar tersebut memang cukup terkenal dikalangan pelancong. Setidaknya pihak Pemko akan memberikan peringatan kepada pengelola untuk sesegera mungkin mencarikan solusi dari masalah banjir di Pasar Bawah.

"Kalau sampai hal ini terjadi berulang kali tentu yang rugi bukan cuma pedagang, tapi juga Pemko. Pasalnya pasar tersebut sudah menjadi Landmark dari kota Pekanbaru," pungkasnya.