PUPR Dumai Mulai Proyek Jalan Hasanuddin dengan Anggaran Lebih Rp2 Miliar

id pupr dumai, mulai proyek, jalan hasanuddin, dengan anggaran, lebih rp2 miliar

PUPR Dumai Mulai Proyek Jalan Hasanuddin dengan Anggaran Lebih Rp2 Miliar

Dumai, Riau, (Antarariau.com) - Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang Kota Dumai memulai proyek peningkatan infrastruktur Jalan Hasanuddin dengan sistem overlay sepanjang 880 meter untuk dua jalur yang menelan anggaran lebih Rp2 miliar.

Pejabat teknis kegiatan pada PUPR Dumai kegiatan Reza Pahlevi di Dumai, Kamis, mengatakan, kegiatan perkerasan dan penebalan aspal di ruas jalan utama perkotaan ini sudah dimulai dengan pengupasan bahu jalan dan diberi masa pekerjaan selama 120 hari kerja.

"Pengerasan jalan hasanuddin sudah dimulai dan ditarget selesai empat bulan kedepan," kata Reza.

Ia menjelaskan pekerjaan jalan berstatus dalam kota dengan lebar delapan meter ini sekaligus akan dibuat saluran drainase untuk lubang air agar tidak terjadi genangan dan mengurangi air di badan jalan.

PUPR Dumai, lanjutnya akan mengawasi pelaksanaan proyek jalan ini agar mendapat hasil memuaskan dan tepat waktu pengerjaan sesuai waktu ditentukan, sehingga masyarakat merasa nyaman di jalan.

"Plang proyek juga sudah dipasang, dan kita akan mengawasi pekerjaan agar tidak menyalahi ketentuan," sebutnya.

Wali Kota Dumai Zulkifli AS terus menekankan agar pelaksanaan seluruh proyek kegiatan dalam rangka menunjang pembangunan dapat rampung tepat waktu dan hasil kerjanya maksimal hingga tahan lama dan tidak bermasalah.

"Diharap kegiatan tuntas tepat waktu dan tidak menimbulkan persoalan dengan hasil maksimal dan tahan lama dinikmati masyarakat," kata wali kota pada pers.

Sementara, Kepala Dinas PUPR Dumai Muhammad Syahminan menyebutkan, serapan anggaran pembangunan fisik pada instansi dipimpinnya hingga Juni 2018 masih minim, atau sekitar 10 persen, namun 95 persen proyek lelang selesai tender.

Rendahnya serapan anggaran fisik atau masih 10 persen ini karena proses tender selesai pada Mei 2018, dan pelaksanaan baru dimulai, namun diharap pekerjaan terus digesa.

Menurutnya, kegiatan fisik masih prioritas peningkatan infrastruktur jalan, dan total anggaran proyek lelang PUPR Dumai tahun 2018 ini sekitar Rp80 miliar, terbagi tiga bidang, yaitu, bina marga, cipta karya dan sumber daya air.

"Dana proyek fisik di bina marga sekitar Rp30 miliar, dan cipta karya dengan sumber daya air berkisar belasan miliar rupiah, dan anggaran disesuaikan keuangan daerah," sebutnya baru ini.

Satu proyek fisik yang juga sudah berjalan yakni pembangunan Jalan M Soleh di Kelurahan Tanjung Penyembal Kecamatan Sungai Sembilan dengan pekerjaan beton, senilai Rp18 miliar bersumber dana alokasi khusus. ***1***