Kepala Cabang BPJS-Kesehatan Pekanbaru Jaga Loket Pelayanan Pelalawan

id kepala cabang, bpjs-kesehatan pekanbaru, jaga loket, pelayanan pelalawan

Kepala Cabang BPJS-Kesehatan Pekanbaru Jaga Loket Pelayanan Pelalawan

Oleh Frislidia

Pekanbaru (Antarariau.com) - Kepala BPJS Kesehatan Cabang Pekanbaru, Rahmad Asri Ritonga, Jumat ikut bertugas menjaga gawang pada loket pelayanan cepat di kantor BPJS Kesehatan Pelalawan, guna memastikan peserta JKN-KIS mendapat pelayanan terbaik.

"Aktivitas ini dilakukan salah satu rangkaian kegiatan HUT BPJS Kesehatan ke-50 para Direksi dan Senior Leader BPJS Kesehatan terjun langsung dan meninjau pelayanan di sejumlah Kantor Cabang BPJS Kesehatan," kata Kepala BPJS Kesehatan Cabang Pekanbaru, Rahmad Asri Ritonga di Pelalawan, Jumat.

Kantor BPJS Kesehatan cabang Kota Pekanbaru memiliki kewenangan empat wilayah/daerah yakni di Kota Pekanbaru, di Kabupaten Pelalawan, Kabupaten Kampar dan Kabupaten Rokan Hulu.

Menurut Asri, dirinya juga terjun langsung memberikan pelayanan di loket "fast track" (layanan cepat) menjadi executive front liner di kantor BPJS Kesehatan Pelalawan.

Pada layanan cepat BPJS Kesehatan sudah ditetapkan standar pelayanan tugas terhadap peserta adalah selama tiga menit dan tidak boleh lebih karena ini terpantau secara nasional di kantor pusat BPJS Kesehatan melalui sistem Customer Service Time Indek (CSTI).

"Beda dengan kantor layanan di Pekanbaru yang terdapat 7 loket dengan empat jenis pelayanan "fast track" terkait rata-rata 300-500 peserta perhari yang berkunjung sedangkan di Kabupaten Pelalawan hanya 2 loket, atau cukup menangani empat jenis pelayanan fast track bagi 60-70 peserta per hari itu," katanya.

Dengan keterbatasan petugas, katanya, maka kantor BPJS Kesehatan Kabupaten Pelalawan hanya disiagakan dua petugas front liner, dengan empat jenis layanan yang diberikan, namun tetap menggunakan sistem CSTI itu.

"CSTI ini sebagai performa petugas dalam memberikan pelayanan yang cepat pada peserta, dan jika pelayanan diberikan lebih dari tiga menit maka akan dilakukan monitoring langsung dari kantor pusat BPJS Kesehatan, dan evaluasi kenapa pelayanan diberikan begitu lama," katanya.

Asri menggantikan sementara tugas frontliner BPJS Kesehatan untuk memberikan pelayanan langsung kepada peserta JKN-KIS maupun masyarakat umum yang mendatangi Kantor BPJS Kesehatan Kabupaten Pelalawan, khususnya di Loket Fast Track (Pelayanan Cepat).

"Berinteraksi dan melayani langsung peserta JKN-KIS tentu menjadi kesan tersendiri bagi kami. Tugas frontliner sebagai garda terdepan pelayanan peserta JKN-KIS di Kantor BPJS Kesehatan memiliki tantangan tersendiri. Untuk itu, ke depannya kami berharap para Duta BPJS Kesehatan makin terpacu untuk memaksimalkan layanan. Kualitas layanan tidak boleh stagnan karena ekspektasi peserta akan terus meningkat," kata Asri setelah melayani 12 peserta di Pelalawan.