Pemko Pekanbaru Desak Perusahaan yang Ikut Job Fair Umumkan Nasib Pencari Kerja

id pemko pekanbaru, desak perusahaan, yang ikut, job fair, umumkan nasib, pencari kerja

Pemko Pekanbaru Desak Perusahaan yang Ikut Job Fair Umumkan Nasib Pencari Kerja

Retmon Bensal Putra

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Pemerintah Kota Pekanbaru melalui Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) setempat mengingatkan pihak perusahaan yang ikut ambil bagian dalam "Job Fair" 17 April 2018 untuk memberikan laporan terkait tindak lanjut penerimaan sejumlah lowongan kerja.

"Kita mau evaluasi soal job fair itu. Apakah memang berhasil atau malah tidak ada penerimaan sama sekali," ucap Kepala Disnaker Kota Pekanbaru Johny Sarikoen, Rabu.

Johny Sarikoen menjelaskan bahwa laporan tersebut pada dasarnya bersifat wajib mengingat jumlah pencari kerja yang terdaftar di kantor tersebut pada tahun 2017 berjumlah 7.722 orang. Ia merincikan jumlah tersebut berdasarkan 3.897 orang pria dan 3.825 wanita. Lebih jauh Johny Sarikoen mengatakan bahwa nantinya hal tersebut akan menjadi bahan evaluasi Disnaker apakah dari 845 lowongan kerja dari 15 perusahaan tersebut sudah terisi atau tidak.

Sedangkan jumlah pencaker yang mendaftar selama dua hari kegiatan job fair tersebut adalah sebanyak 1.607 orang. Jumlah tersebut jika dibandingkan dengan 845 lowongan dari 15 perusahaan yang tersedia saat itu memang termasuk masih sangat kurang. Kendai demikian ia menilai bahwa hal ini adalah salah satu upaya dari pihak Pemko dalam mengurangi jumlah pengangguran yang ada di daerah tersebut.

"Memang masih sangat kurang, namun akan terus kita upayakan," imbuhnya.

Lebih jauh Johny menyebutkan bahwa pelaporan penerimaan tersebut juga sebagai cara dari Pemko Pekanbaru dalam pendataan para pencaker terkait kualifikasi tiap individu. Hal ini berkenaan dengan kualifikasi ataupun "passinggrade" yang ditentukan oleh tiap perusahaan yang ikut serta dalam kegiatan job vair tersebut. Nantinya dalam pelaporan tersebut akan terungkap penyebab gagalnya seorang pencari kerja Pekanbaru dalam bursa kerja. Sehingga kedepannya akan diberikan pelatihan dalam hal peningkatan kualifikasi dan individu tersebut.

Ia berharap dari pelaporan tersebut akan ada evaluasi terkait keefektifan dari job vair tersebut terhadap masyarakat. Sehingga kedepannya kegiatan serupa akan lebih mampu menyerap tenaga kerja baik yang merupakan fresh graduate maupun yang telah berpengalaman.***4***