Pemilih Pemula Banyak Golput, KPU Riau Sosialisasi Pilgubri ke Unilak

id pemilih pemula, banyak golput, kpu riau, sosialisasi pilgubri, ke unilak

Pemilih Pemula Banyak Golput, KPU Riau Sosialisasi Pilgubri ke Unilak

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Komisi Pemilihan Umum Provinsi Riau melakukan sosialisasi pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah 2018 kepada mahasiswa Universitas Lancang Kuning Kota Pekanbaru, guna meningkatkan partisipan.

"Kami ingin meningkatkan partisipasi Pilkada di kalangan pemilih pemula yaitu lingkungan kampus dan sekolah SLTA," kata ketua KPU Riau Nurhamin di Pekanbaru pada acara sosialisasi dengan tema "KPU Riau Goes To Campus di Universitas Lancang Kuning" di Pekanbaru, Selasa.

Nurhamin menjelaskan sosialisasi Pilkada di lingkungan kampus di Riau melibatkan 10 Universitas. Dimana waktu pelaksanaannya bergantian.

"Kemaren itu tahap pertama sudah dilakukan di Unri, kemudian kedua di Unilak, " ujarnya.

Acara sosialisasi digelar pukul 9.30 WIB pagi diikuti 100 an mahasiswa Unilak.

Acara dibuka langsung oleh Ketua KPU Nurhamin, dalam sambutannya ia mengajak pemilih cerdas dan pemilih berkualitas, karena pemilu bagian penting dalam penguatan sebuah negara demokrasi.

Menurut dia berdasarkan data jumlah pemilih pemula cukup besar dan KPU tidak ingin mereka golongan putih (golput) atau tidak memilih.

"Makanya kami mengharapkan mereka turut serta memilih karena satu suara menentukan pimpin masa depan," ujar dia.

Untuk itu ia berharap semua kaula muda

mensukseskan pemilihan gubernur dan wakil gubernur.

Ia menambahkan KPU juga dalam penyelenggaraan Pilkada menerapkan moto "KPU Berpantun" yaitu bersih, partisipasipatif, adil dan santun.

"Santun memiliki nilai yang sangat tinggi, kesantunan sudah bergeser di negara negara maju karena tata kelola negaranya sangat teratur, jika kita beralih ke individual maka santun lebih di nilai, " ujar Nurhamin.

Sementara itu Wakil Rektor III Unilak Eddy Asnawi mengharapkan pemilihan gubernur dan wakil gubernur betul-betul memperjuangkan aspirasi dan kedaulatan rakyat, dan sosialisasi ini juga memperbesar tingkat partisipasi pemilih.

"Kampus Unilak memberikan dukungan kepada KPU. Mahasiswa yang ada banyak pemilih pemula, jumlahnya hampir 12.000 orang dan punya potensi besar," Ujar Eddy Asnawi.