Januari-Maret Baznas Siak Kumpulkan Zakat Rp2,1 Miliar, Penyaluran Sudah Dimulai

id januari-maret baznas, siak kumpulkan, zakat rp21, miliar penyaluran, sudah dimulai

Januari-Maret Baznas Siak Kumpulkan Zakat Rp2,1 Miliar, Penyaluran Sudah Dimulai

Pekanbaru, (Antarariau.com)- Badan Amil Zakat Nasional (Baznas), Kabupaten Siak, Provinsi Riau menyalurkan zakat tahap I tahun 2018 kepada puluhan mustahik di beberapa kecamatan berupa zakat konsumtif dan produktif sebesar Rp2.156.847.000.

"Zakat sebesar Rp2.156.847.000 itu merupakan pengumpulan zakat periode Januari-Maret 2018, dari seluruh masyarakat di Siak sebagai wujud kepeduliannya dalam membantu meringankan beban sesama muslim di daerah itu," kata Ketua Baznas Kabupaten Siak H Rasyid Suharto Pua Upa M.Ed, di Siak, Rabu.

Menurut Rasyid, zakat tersebut akan disalurkan sesuai jadwal yang telah ditentukan mulai 6-28 April 2018, untuk seluruh penerima zakat (mustahik) se-kecamatan di Kabupaten Siak.

Ia menyebutkan, penyaluran tahap pertama akan dilakukan sama seperti tahun sebelumnya dengan pola produktif dan pola konsumtif. Penyaluran pola produktif berjumlah Rp1.248.702.000 dan pola konsumtif berjumlah Rp908.145.000.

"Kita bersyukur bahwa zakat yang berhasil dihimpun Baznas Kabupaten Siak, terus mengalami peningkatan, berkaitan dengan meningkatnya kepedulian masyarakat dan kesadarannya sadar terhadap pentingnya berzakat karena zakat ini merupakan amaliyah yang wajib," katanya.

Ke depan untuk lebih meningkatkan jumlah zakat yang terhimpun, katanya, sosialisasi tentang zakat dapat mengentaskan kemiskinan dan sebagai pembersihan harta dalam ajaran Islam akan terus disosialisasikan.

Baznas Kabupaten Siak, katanya lagi, terus menggencarkan sosialsasi hingga kepelosok desa, agar masyarakat mengerti dan memahami bahwa kepedulian kaum yang mempunyai kelebihan harta akan membantu meringankan penderitaan golongan yang tidak mampu.

"Jika program membantu sesama ini lebih ditingkatkan maka upaya percepatan pengentasan kemiskinan bisa segera terwujud," katanya.