Gelar Seminar Budaya K3, Pertamina Dumai Beri Pemahaman pada Pekerja dan Mitra

id gelar seminar, budaya k3, pertamina dumai, beri pemahaman, pada pekerja, dan mitra

Dumai, Riau, (Antarariau.com) - Managemen Pertamina Refinery Unit II Dumai berupaya untuk meningkatkan sistem kesehatan dan keselamatan kerja bagi karyawan dan mitra dengan menggelar seminar nasional bertema budaya K3, Kamis.

Penjabat Sementara General Manager RU II Nur Qodim mengatakan, seminar ini agar pekerja dan mitra membudayakan kesehatan dan keselamatan dalam menjalankan aktivitas rutin di area kerja.

"Sistem kesehatan dan keselamatan kerja jadi prioritas agar di setiap aktivitas tidak terjadi insiden atau gangguan," kata Nur Qodim, di sela pembukaan seminar.

Disebutkan, melalui seminar K3 ini, pekerja dan mitra diberi pemahaman tentang sistem kerja aman dan memperkecil resiko, serta dapat dijadikan kebutuhan untuk terus diterapkan secara menyeluruh.

Penerapan K3 secara konsisten dan menyeluruh ini, akhirnya membuat suasana kerja di lingkungan Pertamina menjadi lancar dan kondusif serta tidak ada insiden terjadi.

"Sekecil apapun resiko kerja harus dihindari, dan pertamina serius menerapkan K3 dalam kegiatan di lingkungan operasi kilang minyak atau perkantoran dan perumahan karyawan," sebutnya.

Orang nomor dua di RU II Dumai ini mengklaim pelaksanaan sistem K3 secara menyeluruh ini membuat jumlah kasus kecelakaan kerja jauh berkurang di perusahaan pertambangan minyak dan gas nasional itu.

Sementara, Plt Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Dumai Suwandi menyebutkan, setiap perusahaan wajib menjalankan sistem K3 dengan maksimal, baik terhadap sumber daya manusia maupun peralatan kerja.

Sistem K3 sebagai program nasional, harus dijalankan di daerah untuk menciptakan suasana kerja aman, selamat dan kecil dari resiko pekerjaan, serta pekerja terlindungi selama beraktivitas.

"Pemerintah terus mendorong perusahaan untuk terus membudayakan sistem kesehatan dan keselamatan kerja ini agar operasional berjalan maksimal tanpa kendala," sebutnya.

Pembukaan seminar budaya K3 Pertamina RU II dihadiri juga, Kapolres Dumai Ajun Kombespol Restika P Nainggolan, Sekretaris Dinas Kesehatan Dumai Hermiyati, serta pekerja dan mitra kerja. ***3***

Pewarta :
Editor: Abdul Razak
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar