Pelajar MTs Muhammadiyah 02 Pekanbaru Dibekali Jurnalistik Anti-Hoax oleh FWL DPRD Riau

id pelajar mts, muhammadiyah 02, pekanbaru dibekali, jurnalistik anti-hoax, oleh fwl, dprd riau

Pelajar MTs Muhammadiyah 02 Pekanbaru Dibekali Jurnalistik Anti-Hoax oleh FWL DPRD Riau

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Forum Wartawan Legislatif DPRD Riau menggelar pelatihan jurnalistik yang bertajuk "Cegah Penyebaran Berita Hoax di Media Sosial" di MTs Muhammadiyah 02, Sabtu.

Anggota Komisi V DPRD Riau Ade Hartati Rahmat di Pekanbaru, Sabtu secara resmi membuka pelatihan yang diikuti puluhan siswa MTs Muhammadiyah 02.

"Jangan sia-siakan pelatihan ini, karena pena lebih tajam ketimbang pedang. Kita jadi mengerti bagaimana menulis, dan lebih penting lagi membangun argumen," ujar Ade Hartati Rahmat.

Politisi Partai Amanat Nasional Riau tersebut mengapresiasi kegiatan yang diadakan FWL. Menurutnya, pemahaman ketrampilan menulis sangat dibutuhkan, bukan hanya karena fenomena hoax, tapi juga efek positif dari ketrampilan menulis itu. "Apalagi mengangkat tema "Cegah Penyebaran Berita Hoax di Media Sosial. Kepada siswa yang mengikuti kegiatan, diharapkan bisa mengikutinya dengan maksimal," sebut Ade.

Lebih lanjut Ade menambahkan, kegiatan semacam ini juga diharapkan bisa dilakukan pada tingkat guru."Ke depannya ada baiknya juga dilaksanakan untuk guru, lantaran banyak guru yang keterampilannya minim dalam mengembangkan karya tulis," paparnya.

Sementara itu, Ketua FWL DPRD Riau Ariya Ghuna Saputra dalam sambutannya mengatakan, jika pihaknya sengaja menyasar kalangan anak muda, khususnya level siswa untuk mengadakan kegiatan ini lantaran rentannya segmen usia ini menjadi korban hoax.

"Kita sengaja melakukan ini di sekolah sehubungan hoax yang saat ini marak menyasar anak muda. Tujuannya agar mereka tahu bagaimana membedakan mana hoax dan tidak berdasarkan pengetahuan jurnalistik," sebutnya.

Sementara, Kepala Sekolah MTs Muhammadiyah 02, Sudirman menyambut baik kegiatan yang dilaksanakan FWL DPRD Riau. Ia berharap, kegiatan ini bisa menambah wawasan siswa dalam menghadapi berita hoax.

"Semoga bisa memberikan pencerahan terhadap siswa tentang bagaimana semestinya mencerna berita," harapnya.

Dalam kegiatan yang dilaksanakan atas kerjasama PT Chevron Pacific Indonesia ini, juga dihadiri sejumlah delegasi PT Chevron. Diantaranya, Okta Heri Fandi, Communications Specialist, Satia Graha dan Afifudin, masing-masing sebagai Earth Scientist.

Selain diisi oleh narasumber handal tentang jurnalistik, Luzi Diamanda, delegasi PT Chevron juga menyampaikan materi tentang Pengenalan geologi, explorasi dan produksi Migas.***4***