Antisipasi Banjir Akibat Curah Hujan Tinggi, BPBD Bengkalis Lakukan Mitigasi

id antisipasi, banjir akibat, curah hujan, tinggi bpbd, bengkalis lakukan mitigasi

 Antisipasi Banjir Akibat Curah Hujan Tinggi, BPBD Bengkalis Lakukan Mitigasi

Bengkalis, (Antarariau.com)- Badan Penanggulangan Bencana Daerah Bengkalis (BPBD) bersama Dinas Pekerjaan umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau melakukan mitigasi di Desa Jangkang, Deluk dan Berancah Kecamatan Bantan.

Kepala BPBD Kabupaten Bengkalis H Jaafar Arief menyebutkan bahwa mitigasi tersebut dilakukan untuk mengurangi risiko bencana seperti banjir yang terjadi di daerah itu.

"Kita melakukan pengerukan parit yang tersumbat oleh sampah dan endapan tanah yang dapat menghalangi aliran air dengan menggunakan alat berat atau excavator," kata Jaafar Arief di Bengkalis, Selasa.

Menurut Jaafar, tujuan dari kegiatan mitigasi ini tidak lain untuk menghindari terjadinya lebih luas risiko bencana dan dapat mengurangi dampak dari curah hujan yang tinggi yang terjadi beberapa hari ini.

"Beberapa hari lalu terjadi banjir di Kecamatan Bantan ini, sehingga ada yang mengungsi di rumah saudara, dan hari ini kita akan memberikan bantuan juga dalam bentuk pangan, dan kita juga melakukan mitigasi," katanya.

Adapun tiga desa yang dilakukan mitigasi di Kecamatan Bantan tersebut di antaranya tiga Desa Jangkang, Desa Deluk dan Desa Berancah.

Jaafar juga mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk selalu waspada terhadap bencana, dan untuk segera melaporkan setiap kejadian bencana sekitar melalui kontak pusdatin BPBD setiap kecamatan.

"Saya mengajak kepada seluruh masyarakat untuk turut serta melakukan kegiatan mitigasi bencana ini. Salah satu cara yang dapat dilakukan yakni rutin melakukan gotong royong membersihkan lingkungan, katanya. ***4*