Ribuan Pencari Kerja Kunjungi "Pekanbaru Job Expo"

id ribuan pencari, kerja kunjungi, pekanbaru job expo

Pekanbaru, 8/6 (ANTARA) - Hingga hari kedua pelaksanaan "Pekanbaru Job Expo" 2010, pengunjung yang umumnya pencari kerja mendatangi lokasi kegiatan tersebut sudah mencapai 2.000 orang.

Kepala Seksi Informasi Pasar Kerja (IPK) Dinas Tenaga Kerja Pekanbaru, Abdul Rahim, di Pekanbaru, Selasa mengatakan pada hari pertama pelaksanaan job expo jumlah pengunjung mencapai 1.194 pencari kerja.

"Hingga siang ini, jumlah pengunjung sudah mencapai sekitar 900 orang. Jadi diperkirakan hingga hari ini pelaksanaan job expo sudah mencapai 2.000 pencari kerja. Jumlah ini masih sedikit jika dibandingkan pada tahun lalu," ujar Abdul Rahim.

Dibandingkannya, pada tahun lalu jumlah pengunjung job expo mencapai 5.000 orang dengan jumlah lowongan kerja mencapai 1.200. Ia memprediksi jumlah pengunjung akan meningkat pada hari terakhir pelaksanaan job expo.

"Mulai hari ini saja, sudah terjadi peningkatan pengunjung," tambah dia.

Sementara itu, Irfan, salah seorang pengunjung mengatakan dirinya datang pada hari kedua hanya untuk melihat-lihat lowongan yang ada saja.

"Saya sudah mempunyai pekerjaan, namun belum tetap. Oleh karena itu kedatangan kesini hanya untuk melihat lowongan yang ada," ujar lulusan Bahasa Inggris Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Syarif Kasim ini.

Wakil Ketua DPRD Pekanbaru, Sondia Warman mengatakan dalam job expo ini, pihak pemerintah kota harus memprioritaskan tenaga kerja lokal, dan bukan yang berasal dari daerah lain.

"Memang tujuannya untuk itu, agar pencaker di Pekanbaru bisa mendapatkan pekerjaan. Dan mengurangi pengangguran yang terdapat di Pekanbaru," jelas dia.

Meski demikian, ia mengharapkan agar pencari kerja di Pekanbaru bisa merubah paradigma dimana tak lagi mencari kerja tetapi menciptakan lapangan pekerjaan. Dalam job expo yang berlangsung hingga Kamis (10/6) mendatang diikuti 60 perusahaan dengan jumlah lowongan sebanyak 1.864.