Ribuan Pencari Kerja Padati Job Expo Pekanbaru

id ribuan pencari, kerja padati, job expo pekanbaru

Pekanbaru, 7/6 (ANTARA) - Ribuan pencari kerja di Pekanbaru memadati job expo 2010 yang berlangsung empat hari mulai Senin hingga Kamis (10/6) di Hotel Mutiara Merdeka, Pekanbaru.

Yopi Ramanda, alumni Teknik Sipil Universitas Islam Riau (UIR), mengaku dirinya sengaja datang jauh-jauh dari Pandau, Kampar, untuk mencari kerja.

"Saat ini sulit mencari kerja. Kalaupun ada tidak sesuai dengan disiplin ilmu yang dipelajari di universitas," kata Yopi yang mengaku dirinya pernah menolak tawaran sebagai marketing di salah satu bank swasta ternama di Indonesia.

Ia mengatakan, dirinya ingin mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan disiplin ilmu contohnya saja bekerja di kontraktor ataupun di pabrik dimana ia bisa menerapkan ilmunya.

Tak hanya Yopi, ungkapan senada juga diungkapkan Roby M, lulusan Teknik Mesin Universitas Bung Hatta, yang datang jauh-jauh dari Padang ke Pekanbaru untuk mendapatkan pekerjaan.

"Saya berharap bisa mendapatkan pekerjaan yang sesuai kualifikasi ilmu di universitas. Sangat sayang jika ilmu yang sudah dipelajari tidak diterapkan," katanya.

Ia mengaku, baru dua bulan lulus kuliah, dan sudah mencari pekerjaan kesana kemari. Namun tak satupun juga mendapatkan pekerjaan. Ia berharap banyak dengan adanya job expo ini, apalagi terdapat 60 perusahaan yang mengikutinya.

Kepala Bidang Tenaga Kerja Dinas Tenaga Kerja Pekanbaru, Jhony Rosman, mengatakan, pada job expo tahun ini terdapat sebanyak 1.864 lowongan yang terdiri dari berbagai bidang, mulai dari pertanian hingga industri.

"Disnaker berharap job expo ini bisa menyerap tenaga kerja. Apalagi pada tahun ini, untuk posisi sales sudah kita batasi benar dan lebih mengutamakan pada keahlian," ujar Jhony.